Januari 20, 2023 Artikel

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan, Ini 5 Manfaatnya!

Force Magic – Sudahkah kamu mengetahui pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bagi kesehatan?

Kebersihan di lingkungan memang merupakan salah satu faktor yang berpengaruh bagi kondisi kesehatan tubuh dan mental.

Pasalnya, lingkungan bersih dapat membantu mengurangi risiko penyakit dan mengembalikan mood yang buruk menjadi baik.

Namun, tidak hanya kedua hal tersebut, terdapat manfaat menjaga kebersihan lingkungan lainnya yang perlu kamu ketahui. Yuk simak selengkapnya dalam uraian berikut!

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Berikut ini adalah alasan mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan, khususnya terkait manfaat dari kegiatan tersebut untuk kesehatan.

1. Mencegah Penyebaran Penyakit

Ada berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor, seperti alergi, diare, tifus, dan demam berdarah.

Jika kamu menggunakan kipas atau AC untuk membuat ruangan lebih sejuk, kebersihan alat tersebut perlu diperhatikan. Pasalnya, jika tidak dibersihkan debu yang mengandung bakteri akan hinggap. 

Apabila dihirup, debu tersebut dapat menyebabkan alergi yang ditandai dengan pilek, tenggorokan gatal, bersin, mata berair, atau kesulitan bernapas.

Selain itu, lingkungan kotor juga membuat penyebaran bakteri Salmonella typhi dan Escherichia coli pada makanan maupun minuman lebih cepat. 

Penyakit yang mungkin ditimbulkan karena kontaminasi bakteri-bakteri tersebut adalah tifus dan diare.

Jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh lingkungan kotor adalah demam berdarah dengue (DBD). 

Biasanya, ini terjadi ketika selokan, genangan air, atau wadah berisi air di area rumah tidak rutin dibersihkan dan diganti sehingga menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Bisa dilihat, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan adalah agar tubuh tidak terserang penyakit yang tak diinginkan seperti beberapa contoh di atas.

2. Menjaga Kesehatan Mental

Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan mental juga perlu dipahami. Sebab, kebersihan akan berdampak langsung pada batin seseorang.

Ketika kamu berada di lingkungan yang bersih, mood atau suasana hati dapat meningkat dengan baik. Hal ini karena lingkungan bersih lebih nyaman digunakan untuk beraktivitas.

Sebaliknya, lingkungan dengan kotoran yang berserakan di mana-mana akan membuatmu tidak nyaman sehingga menyebabkan stres.

Baca juga: Cara Mudah Meredakan Stress

3. Mendorong Perilaku Positif pada Lingkungan

Lingkungan yang bersih mendorong seseorang untuk terbiasa berperilaku positif, misalnya meletakkan barang-barang atau membuang sampah pada tempatnya.

Jika perilaku positif ini menginspirasi keluarga ataupun tetangga, bukan tidak mungkin bahwa lingkungan di sekitar rumahmu menjadi benar-benar bersih secara menyeluruh.

Oleh karena itu, penting sekali memberikan contoh menjaga kebersihan lingkungan mulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

4. Meningkatkan Produktivitas

Meningkatnya produktivitas merupakan salah satu alasan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam lingkungan yang bersih, kamu bisa lebih meningkatkan fokus dan berkonsentrasi untuk berpikir kreatif. Alhasil, pekerjaan yang dapat kamu selesaikan menjadi lebih banyak. 

Jika kebersihan diikuti dengan kerapian, waktu untuk melakukan pekerjaan akan lebih efisien.

Sebab, semua barang sudah diatur dan diletakkan dengan baik. Apabila sedang diperlukan, tidak akan sulit ditemukan dan memakan banyak waktu untuk mencarinya.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ketika area luar maupun dalam rumah sudah bersih dan rapi, maka suasana nyaman akan tercipta. Udara segar yang dapat memberikan efek sejuk juga lebih mudah didapatkan.

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari kondisi-kondisi tersebut adalah meningkatnya kualitas tidur.

Hal ini karena suasana nyaman dan udara yang segar dapat membuat tubuh lebih rileks. Dengan demikian, tubuh akan berpeluang mendapatkan kualitas istirahat yang baik.

Maka dari itu, jika sewaktu-waktu kamu mengalami tidur yang kurang nyaman, perhatikan kembali pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bagi kualitas istirahatmu.

Baca juga: Kenali Program 3M Plus, Cara untuk Mencegah Demam Berdarah

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Setelah mengetahui alasan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, maka kamu dapat melakukan beberapa hal berikut demi mewujudkan kebersihan tersebut.

  • Sediakan banyak tempat sampah di lingkungan sekitar: Banyaknya tempat sampah diharapkan dapat mengurangi adanya sampah yang berserakan agar lingkungan bersih dan nyaman dipandang mata.
  • Menyediakan tempat sampah berdasarkan jenisnya: Pisahkan  sampah organik dan anorganik agar tidak tercampur serta dapat didaur ulang sesuai jenisnya.
  • Daur ulang sampah: Sampah yang sudah dipisahkan dapat dipilah untuk didaur ulang agar mengurangi penumpukan, sampah organik dibuat menjadi pupuk kompos dan sampah anorganik digunakan sebagai kerajinan.
  • Menutup saluran pembuangan air: Penutupan saluran pembuangan air berfungsi agar sampah dari jalanan tidak menghambat air sehingga mengurangi bau tidak sedap dan mencegah nyamuk bersarang.
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan: Mengadakan agenda kerja bakti rutin bersama tetangga sekitar membuat aktivitas membersihkan lingkungan lebih ringan.

Demikian alasan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang berhasil dipaparkan untukmu.

Sekarang, kamu semakin bersemangat untuk menciptakan lingkungan bersih yang nyaman di sekitar, kan? 

Jika demikian, jangan lupa untuk mempraktikkan cara-cara menjaga kebersihan lingkungan di atas juga, ya.

Di samping itu, pastikan untuk selalu menggunakan obat nyamuk semprot sebagai pengusir nyamuk maupun serangga pembawa bakteri atau virus lainnya.

Salah satu obat nyamuk semprot yang dapat kamu pilih adalah Force Magic. Sebab, Force Magic mengandung bahan aktif synthetic pyrethroid yang tidak berbahaya jika terhirup.

Aroma dari Force Magic juga tidak menyengat sehingga pernapasan pun tak akan terganggu.

Selain itu, Force Magic menggunakan gas non CFC dan kemasan kaleng yang dapat didaur ulang. 

Dengan begitu, kamu bisa mengusir serangga di area rumah namun tetap menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk gunakan Force Magic untuk menghindari serangga dengan lebih aman!

Baca juga: 5 Tips Membasmi Nyamuk di Gudang Rumah

Related article