December 27, 2021 Article

Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Terasa Ada yang Mengganjal

Adem Sari – Sakit tenggorokan menjadi gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Meski terkadang bukan merupakan masalah kesehatan yang serius, namun sakit tenggorokan seringkali membuat penderita merasa tidak nyaman. Apalagi jika terasa ada yang mengganjal.

Dalam dunia medis, rasa tidak nyaman atau mengganjal di tenggorokan disebut dengan sensasi globus. Penyebabnya pun beragam, mulai dari radang tenggorokan, refluks asam lambung (GERD), stres dan gangguan kecemasan, hingga penyakit tiroid. Sakit tenggorokan ternyata bisa disembuhkan dengan pengobatan alami. Lantas, apa saja obat alami untuk sakit tenggorokan?

Inilah 5 Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Terasa Ada yang Mengganjal

  1. Air Putih

Salah satu obat alami untuk sakit tenggorokan yang terbaik adalah air putih. Maka dari itu, seseorang yang sedang menderita sakit tenggorokan disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Jika kekurangan asupan air putih, maka tenggorokan akan semakin kering. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit yang dialami semakin buruk. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, maka kelembapan tenggorokan akan terjaga, rasa panas dan perih pada tenggorokan pun akan mereda.

  1. Air Garam

Obat alami untuk sakit tenggorokan yang ampuh selanjutnya adalah air garam. Selain dipercaya ampuh, cara membuatnya pun mudah. Cukup dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Selanjutnya, air garam tersebut digunakan untuk berkumur dengan posisi kepala menengadah, lalu keluarkan atau muntahkan air garam tersebut. Cara ini dipercaya bisa membersihkan tenggorokan dari dahak dan meredakan rasa sakit.

  1. Madu

Sejak lama, madu sudah dikenal sebagai obat alami untuk berbagai jenis penyakit atau gangguan kesehatan. Salah satunya adalah untuk mempercepat pemulihan sakit tenggorokan. Hal ini karena adanya kandungan senyawa aktif dalam madu yang bermanfaat untuk mengatasi radang dan iritasi. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, madu bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan teh maupun air hangat.

  1. Bawang Putih

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan yaitu bawang putih. Pasalnya, salah satu rempah dapur ini memiliki sifat sebagai antibakteri, sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, dianjurkan untuk mengunyah bawang putih. Setelah dikunyah dan hancur, maka bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang bermanfaat sebagai antivirus, antijamur, dan antibakteri.

  1. Licorice

Obat alami untuk sakit tenggorokan ini juga dikenal dengan sebutan akar manis. Bahan alami ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan serta membantu mengencerkan lendir, sehingga saluran pernapasan bisa lebih lega. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Licorice bisa dicampur ke dalam teh hangat. Namun, obat alami ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui.

Itu dia beberapa obat alami untuk tenggorokan sakit dan terasa ada yang mengganjal. Selain mengonsumsi obat-obatan alami tersebut, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari berhenti merokok, istirahat yang cukup, dan memperbanyak konsumsi buah serta sayur. Jika kondisi sakit tenggorokan tidak kunjung membaik, segera konsultasi dengan dokter.

Selain dengan mengkonsumsi obat alami di atas, untuk meredakan sakit tenggorokan minum lah Adem Sari. Minuman sari penyegar yang diproduksi oleh Enesis Grup ini mengandung Ekstrak Citrus Aurantifolia, Ekstrak Alyxia stellata ret. Cortex, Ekstrak Cinamommum burmanni BI cortex dan Vitamin C untuk panas dalam, sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah dan susah buang air besar.