May 31, 2021 Article

Makanan yang Harus Dihindari agar Usus Tetap Sehat

Scrubber –¬†Setiap orang pastinya harus menjaga kesehatan ususnya agar sistem kekebalannya tetap terjaga. Kalau kamu nggak mau menjaga kesehatan usus, pastinya penyakit berbahaya pun siap menerjang. Kamu mau ususmu bermasalah? Jadi pastikan menjaga kesehatan, salah satunya menghindari makanan yang berbahaya untuk usus.

Menjaga kesehatan usus itu sangat penting untuk pencernaan, Kalau sistem pencernaanmu sudah terganggu, dijamin masalah kesehatan lainnya ikut-ikutan terganggu. Kamu akan alami susah makan, makan apa-apa nggak enak, dan pastinya aktivitas sehari-hari juga terganggu.

Kalau kamu sudah mengalami gangguan pencernaan, pasti keluhan ini akan membuatmu semakin bingung memilih makanan. Ketika salah pilih makanan akan membuat ususmu semakin menjerit. Kondisi ini akan membuatmu makan apa saja salah, terlebih tidak makan tambah serba salah.

Kamu dituntut lebih cerdas dalam memilih makanan agar tidak membuat kondisinya semakin memburuk. Kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar usus tetap sehat.

  1. Haram makan makanan pedas

Kalau kamu nggak mau ususmu semakin menjerit, lebih baik hindari makan makanan yang pedas. Kalau kamu memaksakan untuk makan pedas, yang ada keluhan usus akan semakin parah. Ditambah lagi kalau kamu punya sakit maag, jangan harap sembuh kalau terus makan makanan pedas.

Mengapa makanan pedas harus dihindari bagi yang mengalami gangguan pencernaan? Makan pedas itu akan membuat iritasi pada bagian lambung. Kalau sudah iritasi maka proses penyembuhannya akan lebih lama.

  1. Makan makanan asam

Selain makan pedas, kamu nggak boleh makan makanan yang asam. Beberapa jenis makanan asam yang perlu kamu hindari adalah mangga muda, lemon, jeruk, berbagai minuman bersoda, dan lainnya.

Ketika kamu makan makanan terlalu asam akan memicu iritasi dan meningkatkan asam lambung. Jadi kalau kamu lagi pingin makan jeruk, lebih baik hindari dulu sampai masalah pencernaan sembuh kembali.

  1. Makanan yang berlemak

Kamu yang alami masalah pencernaan juga perlu hindari makanan yang berlemak. Terlebih saat ini banyak sekali berbagai jenis makanan berlemak yang menggiurkan lidah. Salah satunya makan gorengan, termasuk makanan berlemak.

Nggak boleh makan makanan yang berlemak karena akan menyebabkan proses pencernaan lebih lambat. Selain itu akan menyulitkan kamu untuk buang air besar. Makan yang banyak lemaknya itu bisa menyebabkan kontraksi sehingga diare pun semakin parah dibuatnya.

  1. Cemilan kemasan banyak pengawetnya

Kalau kamu ingin gangguan usus bisa cepat sembuh, lebih baik hindari makanan dalam kemasan yang berpengawet. Cemilan ini seperti kripik, ciki-ciki, dan makanan kemasan lainnya yang banyak kandungan garam dan pengawetnya,

Itulah beberapa jenis makanan yang perlu hindari ketika alami masalah pencernaan. Akan lebih baik kamu konsumsi makanan sehat agar usus tetap sehat. Semoga adanya penjelasan ini bisa jadi solusi terbaik bagi kamu yang alami masalah pencernaan.