buah tomat
Januari 20, 2023 Artikel

10 Rekomendasi Makanan bagi Penderita Wasir dan Pantangannya

Scrubber – Makanan untuk penderita wasir perlu diperhatikan dengan baik jenisnya. Umumnya, penderita wasir dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mengandung banyak serat dan air.

Sebab, wasir dapat terjadi akibat kekurangan serat dan sembelit. Oleh karenanya, makanan yang membuat feses lebih lembut serta mudah dikeluarkan sangatlah disarankan.

Di samping itu, penderita wasir juga perlu memahami makanan apa yang sebaiknya dihindari agar tidak salah konsumsi dan memperparah kondisi.

Lantas, apa saja rekomendasi dan pantangan makanan penderita wasir? Temukan jawabannya di bawah ini!

Makanan untuk Penderita Wasir

Berikut adalah sejumlah makanan untuk penderita wasir yang dapat kamu pertimbangkan jika sedang mengalaminya, di antaranya yaitu:

1. Tomat

Sebuah tomat berukuran kecil atau setara 100 gram mengandung 1,2 gram serat dan 95% air yang dapat mengatasi sembelit sekaligus melancarkan buang air besar.

Tomat juga mengandung naringenin, antioksidan alami yang memiliki efek pencahar sehingga mencegah terjadinya sembelit dan cocok dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita wasir.

2. Seledri

Seledri merupakan salah satu tambahan tepat dalam menu makanan yang baik untuk penderita wasir.

Pasalnya, seledri mengandung banyak air dan serat yang melunakkan feses. Satu seledri berukuran 28–31 cm diketahui mengandung 1 gram serat dan 95% air.

Selain itu, batang seledri mengandung pektin yang dapat memperbaiki lapisan pelindung lambung. 

3. Artichoke

Satu artichoke berukuran sedang atau seberat 128 gram memiliki sekitar 7 gram serat. Ini menjadikannya sebagai jenis sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk penderita wasir.

Artichoke memiliki inulin yang dapat meningkatkan bakteri baik di dalam usus seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli.

Kandungan inulin pada artichoke juga turut mengurangi risiko sembelit, kanker saluran cerna, dan diare.

4. Kacang-kacangan

Makanan untuk penderita wasir yang tidak boleh kamu lewatkan adalah kacang-kacangan. Sebab, berbagai jenis kacang diketahui tinggi akan serat.

Kacang-kacangan juga memiliki sifat antiinflamasi kuat sehingga dapat meminimalkan masalah peradangan jaringan di area wasir.

Baca juga: Peran Serat Makanan untuk Kesehatan Tubuh

5. Jagung

Jagung merupakan makanan untuk penderita wasir yang memiliki cita rasa manis. Di dalam semangkuk jagung sekitar 164 gram, kamu dapat memperoleh 4,6 gram serat.

Selain serat, jagung juga mengandung antioksidan tinggi yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

6. Apel

Satu buah apel berukuran sedang memiliki 5 gram serat dengan 4,4 gram seratnya terdapat pada bagian kulit.

Apel memiliki serat bernama pektin yang diketahui dapat membantu melunakkan feses dengan memperbanyak bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Jika bakteri baik jumlahnya seimbang, maka mampu mencegah terjadinya sembelit sehingga mengurangi  ketidaknyamanan dari wasir.

7. Pir

Pir adalah makanan untuk penderita wasir yang sering disandingkan dengan apel. Namun, hal itu bukan tanpa alasan karena sebuah pir berukuran sedang mengandung 6 gram serat.

Seperti apel, kulit buah pir juga mengandung serat bermanfaat yang dapat menangkal wasir sehingga pastikan kamu memakan buah ini dengan kulitnya.

8. Kiwi

Satu porsi kiwi berukuran 100 gram mengandung 3 gram serat. Kiwi dapat memberikan efek pencahar dan meningkatkan massa feses guna melancarkan buang air besar. 

Buah Kiwi juga mengandung enzim zyactinase yang membantu meredakan sembelit dengan melancarkan pencernaan.

9. Pisang

Sebuah pisang berukuran sedang atau sepanjang 18–20 cm menyimpan sebanyak 3 gram serat di dalamnya.

Pisang memiliki kandungan pektin yang bermanfaat bagi pencernaan dan pati resisten sebagai prebiotik. Kombinasi tersebut sangat tepat untuk membantu mengatasi wasir.

Baca juga: 9 Buah untuk Pelancar BAB dan Mengatasi Sembelit Secara Alami

10. Buah-buahan Citrus

Makanan untuk penderita wasir lainnya adalah buah-buahan citrus, yaitu jeruk, lemon, jeruk bali, dan jenis serupa lainnya.

Jeruk diketahui memiliki banyak kandungan air dan naringenin yang dapat membantu proses buang air besar lebih mudah. Selain itu, citrus memiliki efek laksatif pada saluran cerna. 

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Wasir

Di samping anjuran, kamu juga perlu memperhatikan dengan baik makanan yang harus dihindari penderita wasir. 

Biasanya, jenis pantangan makanan penderita wasir adalah yang rendah serat sehingga dapat memicu sembelit.

Adapun beberapa makanan yang harus dihindari penderita wasir di antaranya yakni:

  • Produk susu: Termasuk susu, keju, es krim, dan lainnya karena mengandung serat yang rendah. 
  • Makanan dari tepung putih: Termasuk roti tawar dan pasta karena tepung ini menghilangkan kandungan pada padi yang kaya serat.
  • Frozen food: Mengandung lemak dan pengawet yang mengganggu saluran pencernaan.
  • Gorengan: Jenis makanan yang sulit dicerna.
  • Makanan asin: Makanan yang dapat menyebabkan kembung dan membuat wasir lebih buruk.
  • Makanan pedas: Meski belum tentu rendah serat, makanan pedas dapat meningkatkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat wasir.

Itu tadi pembahasan seputar makanan untuk penderita wasir, baik yang direkomendasikan maupun pantangannya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang dianjurkan guna mencegah, meredakan, dan menyembuhkan wasir.

Di samping makanan, kamu juga dapat membiasakan minum minuman berserat untuk wasir. Salah satu minuman yang dapat dicoba adalah Scrubber.

Scrubber merupakan minuman kaya serat dan prebiotik berbentuk serbuk dari sari jeruk alami, di mana buah ini telah disebutkan di atas dapat dimakan untuk penyembuhan wasir.

Dengan minum Scrubber, kamu dapat membantu memenuhi kebutuhan serat setiap hari sehingga sistem pencernaan lebih lancar. Alhasil, wasir pun dapat dihindari.

So, jangan biarkan wasir datang dan mengganggu aktivitasmu. Yuk minum Scrubber sekarang juga! Healthy product for healthy family!

Baca juga: Inilah Penyebab BAB Menjadi Keras

Related article