Mei 28, 2022 Artikel

Kumpulan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus

Scrubber – Usus menjadi salah satu organ pencernaan yang perlu dijaga kesehatannya. Sebab, usus merupakan organ pencernaan yang berperan dalam penyerapan air serta penyiapan limbah berupa feses untuk dikeluarkan dari tubuh. Pada usus besar, terdapat triliunan bakteri baik atau probiotik yang berperan untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Untuk meningkatkan aktivitas bakteri baik di dalam usus, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Terutama jenis makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Pasalnya, serat dapat berperan sebagai prebiotik atau sumber makanan bagi bakteri baik (probiotik). Lalu, apa saja jenis makanan yang baik untuk usus?

Inilah 5 Makanan yang Baik untuk Usus

1. Brokoli

Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk menyehatkan usus. Brokoli juga diketahui mengandung sejumlah nutrisi penting lain, seperti vitamin, asam folat, dan mineral yang baik untuk kesehatan usus. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Functional Food juga menyatakan bahwa brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi agar memiliki usus yang sehat. Penelitian tersebut juga berhasil membuktikan bahwa mengonsumsi brokoli secara rutin dapat meningkatkan kesehatan usus.

Baca juga: 12 Makanan Berserat untuk Ibu Hamil, Kaya Manfaat & Bergizi

2. Asparagus

Saat dikonsumsi, asparagus dapat berperan sebagai prebiotic di dalam tubuh. Sebab, sayuran ini mengandung serat inulin yang tinggi. Jenis serat ini tidak dapat dicerna dan akan memberi makanan bagi bakteri sehat di dalam usus, seperti Lactobacilli dan Bifidobacteria. Kandungan serat tidak larut pada asparagus juga bermanfaat untuk membantu melancarkan Gerakan usus. Hal ini sangat baik untuk membantu mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan.

3. Apel

Apel sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena sangat baik untuk kesehatan usus. Sebuah studi pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry melaporkan bahwa apel hijau terbukti dapat meningkatkan bakteri usus yang baik. Buah apel mengandung pektin, yaitu sejenis serat yang berperan sebagai prebiotik. Dalam tubuh, prebiotik akan membantu bakteri baik pada usus dapat bekerja dengan baik, sehingga kesehatan sistem cerna akan lebih terjaga.

4. Mangga

Jenis buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam rangka menjaga kesehatan usus selanjutnya adalah manga. Sebab, berbagai nutrisi dalam buah mangga tebrukti mampu membantu menjaga bakteri baik di dalam usus tetap hidup. Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition juga memasukkan mangga ke dalam daftar makanan yang bisa meningkatkan kesehatan usus. Selain itu, mangga juga terbukti dapat membantu mengontrol gula darah serta mengurangi lemak tubuh.

5. Tempe

Bagi masyarakat Indonesia, tempe tentu bukan menjadi makanan yang asing lagi. Makanan yang dibuat dari bahan utama berupa kedelai dengan cara fermentasi ini mengandung protein yang tinggi. Sebuah penelitian pada tahun 2004 yang dipublikasikan dalam Jurnal Mikrobiologi Polandia menyatakan bahwa tempe dapat meningkatkan bakteri baik di dalam usus, termasuk bakteri Lactobacillus. Dengan manfaat tersebut, maka mengonsumsi tempe dapat membuat usus menjadi lebih sehat.

Itulah kumpulan makanan yang baik untuk usus. Agar kesehatan usus tetap terjaga, kamu juga bisa mengonsumsi minuman serat secara rutin. Salah satu minuman serat dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap adalah Scrubber. Minuman berupa es jeruk segar ini dibuat dari jeruk asli dengan kandungan probiotik, prebiotic, serta berbagai macam serat. Dengan kombinasi nutrisi tersebut, minuman serat ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan serta memenuhi kebutuhan serat harian. Dengan begitu, maka daya tahan tubuh dapat meningkat dan terhindar dari serangan penyakit.

Baca juga: Mengenal Serealia: Kandungan, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Related article