Januari 20, 2022 Artikel

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menurunkan Stamina Tubuh

Amunizer – Memiliki stamina tubuh yang prima sangat penting untuk mempermudah jalannya aktivitas sehari-hari. Stamina sendiri merupakan kemampuan tubuh untuk bisa melakukan berbagai macam aktivitas fisik dalam jangka waktu tertentu. Namun, ada kalanya stamina tubuh menuruh, sehingga aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Tentunya, ada banyak penyebab mengapa stamina tubuh dapat menurun. Salah satunya adalah gaya hidup yang tidak baik. Lalu, apa saja kebiasaan buruk yang bisa menurunkan stamina tubuh?

Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menurunkan Stamina Tubuh

  1. Kurang minum air putih

Tubuh manusia terdiri atas 60% air. Oleh karena itu, kerja dan fungsi semua organ sangat tergantung pada ketersediaan air di dalam tubuh. Jika tidak minum air secara cukup dan teratur, maka tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi bisa menyebabkan tubuh kelelahan, sakit kepala, dan mengalami masalah kesehatan lainnya. Akibatnya, stamina tubuh semakin menurun dan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Maka dari itu, jangan biarkan tubuh kekurangan cairan dengan cara memperbanyak minum air putih setiap hari.

  1. Kurang tidur

Banyaknya aktivitas sehari-hari seringkali membuat banyak orang mengabaikan waktu untuk tidur atau beristirahat. Padahal, tidur merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga stamina tubuh. Perlu diketahui bahwa kurang tidur bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Jika tubuh tidak beristirahat secara cukup, maka sistem kekebalan tubuh bisa menurun, sehingga fungsinya dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit juga semakin berkurang. Selain itu, kurang tidur juga bisa mengakibatkan produksi hormon stres meningkat yang bisa menyebabkan stamina tubuh menurun. Oleh karena itu, pastikan untuk meluangkan waktu tidur minimal 7 – 8 jam di malam hari.

  1. Jarang bergerak

Jarang bergerak juga bisa menjadi penyebab stamina tubuh menurun. Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk di depan komputer, tiduran sambil menonton televisi, serta aktivitas lain yang menyebabkan tubuh tidak banyak bergerak.

Tanpa disadari, kebiasaan tersebut bisa menurunkan stamina tubuh, sehingga tubuh mudah lelah saat beraktivitas. Untuk meningkatkan stamina, cobalah untuk mulai berolahraga secara teratur. Misalnya melakukan jogging, aerobik, atau jalan cepat minimal 20 menit setiap hari. Saat berolahraga, maka tubuh menjadi aktif bergerak dan stamina tubuh pun akan meningkat.

  1. Merokok

Fakta bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan tentu sudah diketahui oleh hampir semua orang. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut dan tetap meneruskan kebiasaan buruk tersebut. Akibatnya, stamina tubuh akan terus menurun karena kandungan rokok yang berbahaya bagi kesehatan. Tembakau dalam rokok akan secara langsung menurunkan stamina tubuh karena bisa mengurangi suplai oksigen ke otot, jantung, serta jaringan tubuh lainnya.

  1. Tidak mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki peran penting dalam menentukan stamina tubuh seseorang. Mengonsumsi makanan berlemak, tinggi gula, dan makanan tidak bernutrisi lainnya bisa menyebabkan stamina tubuh menurun. Setelah terjadi peningkatakn kadar gula dalam darah, maka stamina tubuh akan menurun.

Selain itu, kurangnya asupan kalori juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan bahan bakar untuk beraktivitas, sehingga tubuh menjadi lemas dan mudah lelah. Maka dari itu, pastikan tubuh mendapatkan asupan gizi yang seimbang setiap hari dengan mencukupi kebutuhan protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral dari buah dan sayuran.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menurunkan stamina tubuh. Agar stamina tubuh tetap terjaga, sebaiknya hindari kebiasaan buruk tersebut. Dengan menghindari hal-hal yang dapat menurunkan stamina, maka aktivitas sehari-hari bisa dikerjakan dengan penuh semangat dan tidak mudah merasa lelah.

Nah, untuk menjaga stamina tubuh kamu tetap terjaga, kamu bisa mengatasi nya dengan minum Minuman Penambah Stamina Proman Energenesis. Minuman energi dari Enesis Grup ini memiliki kandungan vitamin B Complex, kafein dan panax ginseng yang dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga menjadi lebih bersemangat.

Related article