Januari 14, 2023 Artikel

Titik Pijat untuk Atasi Sakit Kepala

Plossa – Rasa sakit di kepala tentu membuat Anda tidak nyaman dan tak kuasa menahannya. Saat mengalami hal ini, orang biasanya langsung mengonsumsi obat untuk meredakannya. Padahal ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala selain minum obat, yaitu dengan melakukan pijatan pada titik-titik tertentu. Namun, terdapat banyak pertanyaan kalau pusing pijat bagian mana? Selain mengetahui letak titik pijat, Anda juga harus tahu teknik pemijatan yang benar. Yuk simak informasi mengenai titik pijat sakit kepala selengkapnya berikut ini.

Bagian Tubuh yang Sebaiknya Dipijat saat Sakit Kepala

Saat merasakan sakit pada bagian kepala, orang biasanya reflek untuk memijat bagian kepala yang sakit, dahi, atau bagian pelipis mata. Padahal, ada bagian tubuh yang menjadi titik pijat untuk meredakan nyeri di kepala tersebut. Jadi jangan salah kaprah lagi ya!

1. Diantara Ibu Jari dan Telunjuk

Titik pijat yang ada di antara ibu jari dan telunjuk disebut dengan istilah union valley. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencubit bagian ibu jari dan telunjuk secara kuat, tapi tidak sampai membuat Anda kesakitan. Lakukan hal ini dalam waktu 10 detik saja.

Untuk meredakan nyeri kepala serta leher, Anda bisa membuat lingkaran kecil menggunakan jempol dan pijat lingkaran tersebut menggunakan ibu jari yang satunya searah jarum jam selama 10 detik. Lakukan hal ini secara bergantian.

2. Titik di Antara Mata

Pijatan yang dilakukan pada area antara kedua mata atau yang disebut third eye, bisa meredakan rasa lelah di mata yang menjadi penyebab sakit kepala. Anda bisa memberikan pijatan pada area tersebut selama 1 menit untuk meringankan rasa sakit.

Baca Juga: Ternyata Hal Ini Bisa Memicu Sakit Kepala

3. Jembatan Hidung Dekat Alis

Area jembatan hidung yang dekat dengan alis ini disebut dengan drilling bamboo. Untuk merasakan manfaatnya, lakukan teknik pijat dengan cara menekankan kedua telunjuk tangan ke titik tersebut secara bersamaan kemudian tahan dalam waktu 10 detik saja. Setelah 10 detik hentikan dan ulangi kembali sampai rasa nyeri di kepala berangsur-angsur hilang.

4. Area Feng Chi

Area Feng Chi terletak di kepala bagian belakang, tepatnya di bawah pangkal tengkorak dan diantara cekungan dua otot leher besar. Melakukan pijatan pada area tersebut efektif untuk meredakan nyeri kepala, migrain, vertigo, gejala flu, masalah kesehatan, hingga mental yang tertekan.

Caranya sangat mudah, cukup letakkan telunjuk dan jari tengah kedua tangan pada titik tersebut dengan menghadap atas, beri tekanan yang kuat selama 2 hingga 3 menit  kemudian lepaskan. Lakukan teknik pemijatan ini secara terus menerus sampai rasa nyeri berkurang dan perlahan-lahan menghilang.

5. Area Tengah Bahu

Titik pijat pada shoulder wheel atau area tengah-tengah bahu bisa meringankan leher kaku, sakit leher, dan menghindari rasa sakit tersebut merembet ke kepala. Teknik pemijatannya bisa dilakukan dengan menekan area tengah bahu tersebut dengan gerakan melingkar selama semenit. Ulangi gerakan tersebut pada sisi yang berlainan sampai rasa sakit mereda.

6. Kaki Bagian Atas

Pemijatan kaki bagian atas tersebut kerap disebut dengan area above tears. Letak titik ini tepatnya ada di area kaki bagian atas yaitu 2 hingga 3 cm di atas jari kaki keempat dan kelima. Saat merasakan sakit kepala atau migrain, pijatan pada area tersebut bisa membantu mengatasinya.

Lakukan pijatan dengan cara menekan titik tersebut secara kuat dan lembut menggunakan jempol tangan selama satu menit saja. Ulangi cara tersebut pada kaki sebelahnya sampai rasa sakit hilang. Setelah membaca artikel ini pastinya Anda bisa menjawab “kalau pusing pijat bagian mana?”, bukan. Demikian informasi menarik yang bisa Anda simak tentang area mana saja yang bisa dipijat untuk meredakan sakit kepala yang menyiksa.

Baca Juga: Redakan Sakit Kepala dengan Plossa

Related article