jumlah serat yang dibutuhkan oleh tubuh
June 11, 2021 Article

Jumlah Serat yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Scrubber Serat merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa kamu temukan dalam sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan lainnya. Meskipun bisa didapatkan dengan mudah, namun sayangnya ditemukan 90% kasus kekurangan serat di Indonesia. Oleh sebab itu, yuk mulai menghitung kebutuhan serat dalam sehari agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Secara umum, serat terdiri dari dua Janis yaitu serat yang larut dalam air (soluble fiber) dan serat yang tidak larut dalam air (insoluble fiber). Serat yang larut dalam air (soluble fiber) bisa kamu dapatkan di dalam sayur-sayuran, buah-buahan seperti apel, jeruk, alpukat, serta kacang-kacangan ataupun gandum. Sedangkan untuk serat yang tidak larut dalam air (insoluble fiber) bisa kamu dapatkan pada kacang polong, susu kedelai, beras coklat, dan gandum.

Begini Cara Mudah Mencukupi Kebutuhan Serat

Berapa sih jumlah serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh? Kebutuhan serat harian menurut American Heart Association adalah 25-30 gram. Akan tetapi, kebutuhan serat setiap orang ternyata berbeda. Mulai dari bayi, anak-anak, dan dewasa memiliki standar kebutuhan serat per hari masing-masing seperti dibawah ini :

  • Usia 2-5 tahun, 15 gram per hari
  • Usia 5-11 tahun, 20 gram per hari
  • Usia 11-16 tahun, 25 gram per hari
  • Usia 17 tahun keatas, 30 gram per hari

Dengan mencukupi kebutuhan serat harian kamu bisa menjaga kekebalan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Berdasarkan penelitian, orang yang mengonsumsi serat alami dalam jumlah yang banyak memiliki penuruan 15-3-% dalam semua penyebab kematian dan kematian yang terkait kardiovaskular dibandingkan dengan orang yang kekurangan serat. Selain itu, asupan serat yang tercukupi juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung coroner, stroke, diabetes tipe 2, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Nah, agar bisa mencukupi asupan serat harian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan nih. Penasaran apa saja? Berikut ini cara mudah mencukupi kebutuhan serat harian.

Rajin Mengonsumsi Sayur dan Buah yang Kaya Akan Serat

Beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi demi mencukupi serat harian antara lain seperti pisang, apel, pir, buah beri, jeruk, dan masih banyak lainnya. Sementara untuk sayuran kamu bisa mengonsumsi kacang hijau, brokoli, lobak hijau, kentang, kembang kol, jagung manis, dan wortel. Meskipun begitu, semua jenis sayur dan buah yang ada tetap baik untuk dikonsumsi setiap harinya.

Mengganti Snack Dengan Makanan Yang Mengandung Kedelai

Dibandingkan dengan mengonsumsi snack yang mengandung MSG, alangkah lebih baik jika kamu mengganti snack dengan makanan yang mengandung kedelai atau kacang-kacangan. Ini akan sangat cocok terutama untuk kamu yang tidak terlalu suka makan buah dan sayur. Kacang-kacangan seperti kedelai merupakan jenis makanan yang rendah lemak namun kaya protein, vitamin C, dan folat.

Mengonsumsi Suplemen

Selain bisa mencukupi kebutuhan serat harian dengan makanan, kamu bisa mengonsumsi suplemen penambah serat agar lebih efektif. Tentu saja suplemen ini bisa kamu dapatkan setelah melakukan konsultasi dengan dokter ya. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan jenis suplemen yang sesuai dengan daya tahan tubuhmu.

Setelah mengetahui jumlah serat yang dibutuhkan oleh tubuh dan bagaimana cara mendapatkannya, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Selain dengan berbagai cara di atas, Kamu juga bisa mendapatkan banyak serat dengan minum Scrubber. Minuman kaya akan serat alami yang diproduksi oleh Enesis Group ini mengandung bakteri baik (probiotik), makanan bakteri baik (prebiotik) dan bermacam serat.

Rasa jeruk yang menyegarkan dengan berbagai kandungan serat di dalam serat dapat melindungi tubuh kamu dari berbagai macam masalah pencernaan. Yuk, minum Scrubber dan rasakan khasiatnya!