Mei 29, 2022 Artikel

Inilah Minuman Penghilang Tenggorokan Gatal

Adem Sari – Hampir semua orang pernah mengalami masalah tenggorokan gatal. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa, masalah tenggorokan gatal memang seringkali terjadi. Kondisi ini umumnya tidak membahayakan kesehatan. Namun, tenggorokan gatal pastinya akan menyebabkan kondisi tidak nyaman, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tenggorokan gatal bisa terasa sangat mengganggu, terutama jika kondisi ini disertai dengan beberapa gejala lain, seperti sulit menelan dan sakit tenggorokan. Karena bisa mengganggu aktivitas, maka tenggorokan gatal harus secepatnya diatasi. Untungnya, ada beberapa pilihan minuman yang terbukti ampuh untuk menghilangkan gejala tenggorokan gatal. Lalu, apa saja minuman tersebut?

Inilah 5 Minuman yang Ampuh Menghilangkan Tenggorokan Gatal

  1. Wedang Jahe

Manfaat wedang jahe yang paling populer adalah dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, wedang jahe ternyata sangat direkomendasikan untuk mengatasi tenggorokan gatal. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal East Africa Medicine telah membuktikan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh bakteri-bakteri jahat pada saluran pencernaan.

Khasiat jahe dalam menghilangkan tenggorokan gatal didapatkan dari kandungan senyawa antibakteri pada jahe. Rimpang jahe mengandung senyawa antimikroba dari golongan flavonoid, fenol, terpenoid, serta minyak atsiri yang merupakan senyawa bioaktif untuk menghambat pertumbuhan mikroba. Oleh karena itu, wedang jahe dapat dikonsumsi untk mengatasi tenggorokan gatal yang disebabkan karena bakteri.

  1. Air Putih

Tidak perlu jauh-jauh mencari minuman yang ampuh untuk meredakan masalah tenggorokan gatal. Kamu bisa memilih air putih untuk mengatasi masalah tersebut. Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab terjadinya tenggorokan gatal adalah tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan.

Tubuh yang mengalami dehidrasi biasanya akan memberikan tanda atau gejala, seperti mulut kering dan gatal pada tenggorokan. Maka dari itu, pastikan kamu memperbanyak minum air putih untuk mengatasi masalah ini. European Food Safety Authory menyatakan bahwa kebutuhan air putih pada laki-laki adalah 2 liter per hari, sedangkan pada wanita adalah 1,6 liter per hari.

  1. Smoothies

Smoothies bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu menyegarkan tenggorokan. Selain akan membuat tenggorokan terasa lebih segar, minuman yang dibuat dari bahan buah-buahan segar ini juga berkhasiat untuk mengatasi masalah tenggorokan. Panas dalam, tenggorokan kering, hingga tenggorokan gatal merupakan masalah yang dapat diatasi dengan mengonsumsi smoothies.

Minuman ini mampu mengatasi masalah tenggorokan karena memiliki kandungan senyawa aktif di dalamnya, yaitu senyawa antioksidan. Penelitian pada tahun 2013 yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa buah-buahan segar terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, smoothies yang terbuat dari buah-buahan segar dapat membantu mengatasi gejala gangguan kesehatan, seperti tenggorokan gatal dan panas dalam.

  1. Teh Chamomile

Masalah gatal di tenggorokan bisa kamu atasi dengan mengonsumsi teh chamomile. Minuman yang dibuat dari bahan herbal ini terbukti mampu mengatasi masalah tenggorokan karena mengandung senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Molecular Medicine Report menyatakan bahwa chamomile merupakan tanaman yang kaya akan kandungan antibakteri dan antioksidan di dalamnya. Bahan aktif tersebut berkhasiat untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh, termasuk peradangan yang menyebabkan tenggorokan gatal.

  1. Adem Sari

Jika ingin lebih praktis dan efektif dalam mengatasi masalah tenggorokan gatal, maka kamu bisa memilih Adem sari. Minuman kesehatan ini telah terbukti khasiatnya dalam meredakan masalah tenggorokan, seperti tengorokan gatal. Manfaat Adem Sari juga dapat membantu meringankan gejala panas dalam, flu, hingga melancarkan buang air besar. Khasiat ini didapatkan karena adanya formula khusus berupa ekstrak kayu manis, pulosari, vitamin C, dan jeruk nipis di dalamnya.

Itu dia beberapa rekomendasi minuman yang dapat membantu meredakan tenggorokan gatal. Dengan mengonsumsi minuman tersebut, maka gejala tenggorokan gatal bisa segera mereda. Selain mengonsumsi minuman tersebut, sebaiknya hindari makanan yang bisa memperburuk kondisi tenggorokan, seperti makana pedas, berminyak, dan panas. Dengan begitu, maka masalah tenggorokan gatal bisa lebih cepat diatasi.

Related article