manfaat puasa
April 27, 2021 Artikel

Inilah Manfaat Puasa yang Harus Kamu Ketahui

Adem Sari Puasa merupakan kegiatan menahan diri dari makan dan minum selama sebelum matahari terbit sampai matahari terbenam. Beberapa orang sering melakukan puasa karena manfaatnya yang banyak, baik bagi agama dan kesehatan. Berikut ini merupakan manfaat puasa untuk kesehatan yang harus kamu ketahui:

Dapat Mendetoks Tubuh

Detoksifikasi adalah proses pembuangan zat/ racun yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Untuk kamu yang ingin lebih sehat dan terbebas dari zat/ racun dalam tubuh, cobalah berpuasa. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memperlancar proses detoksifkasi tubuh, simak penjelasannya juga, ya:

  • Bayam: Sayuran kaya manfaat ini dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Selain itu, sayur bayam juga dapat mengatasi anemia, meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh selama berpuasa, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Teh hijau: Mengonsumsi teh hijau dapat membantu dalam detoksifikasi tubuh, lho. Teh hijau dapat membantu dalam memecah lemak sehingga berat badan akan turun dalam waktu yang singkat. Eits, tapi dengan cara penggunaan yang benar, ya. Jika ingin mendapatkan manfaat dari teh hijau ini, jangan menggunakan banyak gula.
  • Anggur: Buah anggur merupakan buah yang kaya antioksidan dan dapat membersihkan sistem pencernaan serta sistem peredaran darah. Selain dapat mendetoks tubuh, buah ini juga dapat membantu menurunkan berat badan saat berpuasa.

Lebih Bahagia

Selain dapat mendetoks tubuh, puasa juga dapat mengeluarkan hormon endorphin, yaitu hormone yang dapat menciptakan rasa bahagia. Dengan meningkatnya hormone endorphin, maka tingkat kewaspadaan seseorang akan meningkat, kesehatan mental membaik, dan memperbaiki daya kognitif.

Mengontrol Gula Darah

Ketika berpuasa, tubuh tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam waktu lama sehingga gula darah mengalami penurunan serta insulin yang turun. Hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengontrol gula darah adalah mengatur pola makan dan menu makanan pada saat buka dan sahur. Jangan makan makanan yang terlalu banyak gula seperti minuman berkarbonasi, es buah, nasi putih dengan porsi besar, dan lainnya.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga saat menjelang buka puasa. Aktivitas ini dapat menjadikan gula darah sebagai energy sehingga kadar gula darah yang ada di tubuh menurun.

Menyehatkan Jantung

Berpuasa dapat membantu menyehatkan jantung. Hal ini karena dengan berpuasa akan menurunkan tekanan darah, dan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian menunjukan bahwa berpuasa akan mengurangi resiko penyakit jantung hingga 58%.

Menurunkan Berat Badan

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami kalori defisit dan lemak akan dipecah menjadi energy. Untuk mempercepat penurunan berat badan, lakukanlah olahraga rutin setiap hari saat menjelang buka.

Itulah beberapa manfaat dari puasa ramadhan yang perlu kamu tahu. Dengan mengetahui banyaknya manfaat bagi kesehatan, sayang banget kan kalau kamu sampai tidak puasa.

Related article