Juli 10, 2021 Artikel

Hati-hati, Inilah Makanan Penyebab Sembelit

Vegeta Herbal – Sembelit atau susah BAB memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pilihan makanan yang kurang tepat bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya sembelit. Pasalnya, ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami sembelit. Sembelit sendiri merupakan gangguan pencernaan yang mengakibatkan frekuensi buang air besar lebih sedikit dari biasanya, yaitu tidak lebih dari tiga kali dalam seminggu. Gangguan ini terjadi akibat adanya gangguan pada fungsi usus sebagai organ pencernaan. Gerakan usus yang lamban membuat feses tidak mampu berjalan dengan lancar sampai ke anus. Akibatnya, feses akan menjadi padat dan lebih kering karena terlalu lama berada di usus besar. Hal ini kemudian menyebabkan feses tersebut semakin sulit untuk dikeluarkan. Agar terhindar dari gangguan ini, maka sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan. Lalu, apa saja makanan penyebab sembelit?

Inilah 5 Makanan Penyebab Sembelit

1. Gorengan dan Makanan Cepat Saji

Gorengan dan makanan cepat saji memang menjadi favorit banyak orang. Namun, keduanya ternyata bisa meningkatkan risiko terjadinya sembelit. Pasalnya, dua makanan tersebut cenderung rendah serat dan tinggi lemak. Konsumsi makanan yang tinggi lemak dan rendah serat bisa menyebabkan gerakan usus melambat dan feses menjadi sulit untuk dikeluarkan.

Gorengan dan makanan cepat saji juga umumnya mengandung banyak garam. Padahal, garam dapat menyebabkan kadar air dalam feses menurun. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan gorengan dan makanan cepat saji secara berlebihan.

2. Daging Merah

Fakta bahwa daging merah sebagai penyebab sembelit mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Daging merah merupakan bahan makanan yang mengandung sedikit serat. Karena kandungan serat di dalamnya cukup rendah, maka daging merah tidak baik untuk pencernaan.

Selain itu, kandungan lemak pada daging merah juga cukup tinggi. Padahal, usus kita membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat mencerna daging merah yang kita konsumsi. Mengonsumsi daging merah berlebihan dapat memperlambat gerakan usus. Feses pun jadi sulit untuk dikeluarkan.

Baca Juga: 5 Macam Makanan Tinggi Serat untuk Mengatasi Sembelit

3. Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat? Hampir semua orang menyukai camilan yang rasanya manis ini. Sayangnya, cokelat ternyata bisa menjadi salah satu makanan yang bisa menyebabkan sembelit pada beberapa orang. Ternyata, adanya campuran susu dalam cokelat merupakan penyebab meningkatnya risiko sembelit.

Kandungan kafein pada cokelat juga diduga menjadi pemicu sembelit. Apalagi, cokelat juga biasanya mengangguk gula yang tinggi dimana gula dapat mempengaruhi gerakan usus. Atas alasan tersebut, mengonsumsi cokelat berlebihan bisa menyebabkan terjadinya sembelit.

4. Pisang

Pada dasarnya, tidak semua jenis pisang dapat menyebabkan sembelit. Faktor yang menentukan hal tersebut adalah kematangan dari pisang itu sendiri. Pisang yang dikonsumsi dalam kondisi matang tentunya bermanfaat bagi tubuh. Namun, pisang yang belum matang sempurna ternyata bisa menyebabkan sulit buang air besar jika dikonsumsi.

Pisang yang belum terlalu masak akan sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Selain itu, pisang yang belum masak juga mengandung pati dengan jumlah tinggi. Hal inilah yang menyebabkan pisang dapat berkontribusi terhadap terjadinya kondisi sembelit pada seseorang.

5. Produk Olahan Susu

Mengonsumsi produk olahan susu ternyata juga bisa menjadi penyebab sembelit. Yogurt, susu, es krim, dan keju merupakan beberapa produk olahan susu yang bisa menjadi penyebab sembelit pada beberapa orang. Biasanya, sembelit terjadi pada seseorang yang intoleran terhadap laktosa. Intoleransi laktosa akan menyebabkan produksi gas meningkat. Akibatnya, perut menjadi kembung dan terjadi masalah pencernaan lainnya.

Itu dia beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi sembelit tidak lah sulit, minum aja Vegeta Herbal. Minuman herbal yang diproduksi oleh Enesis Grup ini memiliki kandungan kombinasi serat, laksatif alami dan anti kembung yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami dan berfungsi untuk melancarkan buang air besar yang sudah macet.

Yuk, minum Vegeta Herbal. Sembelit hilang, perut jadi lega!

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil dan Penyebabnya

Related article