daya tahan tubuh meningkat
April 29, 2021 Artikel

Daya Tahan Tubuh Meningkat dengan Berpuasa

Adem Sari Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa berpuasa bukan dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, berpuasa dapat membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak, detoksifikasi tubuh, dan berbagai manfaat lainnya.

Banyak orang enggan berpuasa saat pandemic Covid-19 dikarenakan takut mengalami penurunan imun tubuh sehingga akan mempermudah virus masuk kedalam tubuh. Padahal, hal itu tidak benar jika kita dapat mengaturnya dengan baik dengan cara asupan makanan yang cukup, olahraga teratur, minum 8 gelas air setiap hari, serta istirahat yang teratur.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka berpusa tidak hanya membersihkan badan dari dosa terdahulu namun juga dapat membersihkan tubuh dari zat/racun berbahaya pada tubuh.

Untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa kamu perlu memperhatikan menu sahur dan berbuka. Berikut ini beberapa menu makanan dan minuman yang dapat menjaga imunitas tubuh saat puasa Ramadhan :

Air Putih

Sudah bukan rahasia umum lagi jika air putih memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sesuai anjuran dari para pakar kesehatan, minumlah air putih minimal 8 gelas per hari untuk menghindari dehidrasi dan meningkatan daya tahan tubuh. Minumlah air pada saat buka puasa sebelum makan-makanan berat. Karena pada saat itu sistem pencernaan dalam kondisi kosong sehingga air dapat terserap dalam waktu yang singkat.

Konsumsi Daging

Daging menjadi menu sahur yang sangat cocok karena memiliki banyak serat sehingga dapat membuat kuat puasa seharian. Selain itu, daging juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Susu

Asupan lemak juga dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Nah, asupan lemak tersebut dapat diperoleh pada susu. Susu sebagai menu pilihan terbaik untuk menambah nutrisi saat sahur. Hindari mengonsumsi gorengan saat sahur dan berbuka untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

Karbohidrat dan Protein

Selain asupan lemak yang cukup, kamu juga memerlukan karbohidrat dan protein untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Karbohidrat tersebut dapat berasal dari nasi, kentang, serta roti. Adapun asupan protein yang baik dapat berasal dari ikan, ayam, telur, tahu, serta tempe.

Buah dan Sayur

Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi buah dan sayur dapat menjaga daya tahan tubuh. Untuk itu, rajinlah mengonsumsi buah dan sayur saat buka maupun sahur.

Itulah beberapa asupan makanan yang dapat kamu jadikan referensi untuk menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa. Selain asupan makanan yang tepat, kamu juga perlu melakukan olahraga.

Meskipun berpuasa, kamu juga perlu berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Kamu dapat melakukan olahraga 30 menit sebelum berbuka puasa. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga saat puasa dapat membakar lemak lebih cepat, lho. Untuk itu, lakukanlah olahraga secara rutin setiap hari untuk memelihara daya tahan tubuh.

Related article