Januari 27, 2022 Artikel

Cegah Sembelit dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Vegeta Herbal – Sulit buang air besar atau sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami banyak orang. Penyebab sembelit sendiri cukup beragam. Mulai dari kurang asupan cairan, pola makan yang buruk, kurang bergerak, dan beberapa faktor penyebab lainnya. Kabar baiknya, sembelit bisa dicegah dan diatasi dengan mengonsumsi berbagai macam makanan pelancar buang air besar. Dengan kata lain, mencegah sembelit bisa dilakukan secara alami tanpa perlu menggunakan obat-obatan. Lalu, apa saja jenis makanan untuk mencegah sembelit?

Inilah 5 Jenis Makanan untuk Mencegah Sembelit

1. Bayam dan Brokoli

Sayuran hijau merupakan salah satu sumber serat alami yang sangat baik untuk tubuh. Bayam dan brokoli adalah dua jenis sayuran hijau yang mengandung banyak serat, sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya sembelit. Serat yang terkandung dalam sayuran hijau tersebut dapat menambah volume tinja sekaligus melunakkan tinja, sehingga feses bisa lebih mudah dikeluarkan dari usus.

2. Kacang-Kacangan

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya sembelit adalah kacang-kacangan. Sama seperti sayuran hijau, kacang-kacangan juga merupakan bahan makanan yang tinggi serat. Sebagai contoh adalah setengah cangkir kacang hitam (86 gram) yang mengandung sekitar 7,5 gram serat. Sementara itu, kacang navy sebanyak 91 gram mengandung serat sekitar 9,5 gram.

Kacang-kacangan mengandung serat larut serta tidak larut dengan jumlah yang baik, sehingga keduanya mampu mencegah dan meredakan sembelit jika dikonsumsi secara rutin. Serat larut dari kacang-kacangan dapat menyerap air serta membentuk konsistensi seperti gel, sehingga bermanfaat untuk melunakkan feses atau tinja agar lebih mudah dikeluarkan dari usus.

Baca Juga: Beberapa Gangguan Pencernaan Akibat Kurang Serat

3. Gandum

Bagi Anda yang suka makan roti dan ingin pencernaan lebih sehat, sebaiknya pilih roti gandum utuh. Gandum utuh mengandung serat dengan jumlah lebih banyak serta memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang mampu membantu melunakkan tinja. Untuk mencegah tubuh mengalami sembelit, pastikan Anda memilih roti gandum utuh dengan kandungan gandum 100%.

4. Pepaya

Pepaya sejak lama telah dikenal sebagai makanan yang dapat melancarkan buang air besar. Khasiat pepaya dalam melancarkan pencernaan ternyata berkat adanya kandungan enzim papain di dalamnya. Enzim papain berfungsi untuk membentu mencerna protein. Selain itu, pepaya juga merupakan buah yang kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit.

5. Apel

Apel juga menjadi makanan yang direkomendasikan untuk mencegah terjadinya sembelit. Pasalnya, apel mengandung serat air yang disebut dengan pektin. Saat mencapai usus, pektin tersebut akan diolah menjadi asam lemak rantai pendek yang mampu menarik air ke usus besar, sehingga tinja menjadi lunak. Selain itu, pektin pada buah apel juga terbukti mampu meningkatkan pergerakan usus, sehingga bisa mempercepat laju pengeluaran tinja dari usus.

6. Ubi jalar

Sama seperti apel, ubi jalar juga merupakan bahan makanan yang dibekali dengan kandungan pektin di dalamnya. Selain banyak mengandung pektin, ubi jalar juga disertai dengan kandungan serat tidak larut, yaitu lignin dan selulosa. Dua jenis serat tersebut dapat membantu pergerakan usus dengan meningkatkan volume tinja, sehingga bermanfaat untuk melancarkan proses buang air besar pada penderita sembelit.

Itu dia beberapa jenis makanan yang dapat mencegah sembelit. Selain enam jenis makanan tersebut, masih ada beberapa rekomendasi makanan lain yang bisa melancarkan buang air besar. Mulai dari pisang, kiwi, stroberi, pir, dll. Agar bisa terhindar dari sembelit, pastikan Anda mengonsumsi berbagai makanan tersebut secara rutin setiap hari.

Selain dengan mengkonsumsi makanan diatas, kamu bisa mencegah sembelit dengan minum Vegeta Herbal. Minuman supplemen herbal dari Enesis Grup ini terdiri dari kombinasi serat, laksatif alami dan anti kembung yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami dan berfungsi untuk melancarkan buang air besar yang sudah macet.

Baca Juga: Hati-hati, Inilah Makanan Penyebab Sembelit

Related article