Januari 18, 2022 Artikel

Cara Untuk Menjaga Stamina Tubuh Agar Tidak Mudah Capek

Proman – Rasa lelah tentu bisa muncul kapan saja, terutama ketika stamina tubuh sedang lemah. Lelah sendiri merupakan kondisi pada saat tubuh kekurangan energi, baik secara fisik ataupun emosional. Banyak hal yang bisa membuat tubuh jadi mudah lelah. Mulai dari aktivitas fisik yang berlebihan, pola makan yang kurang baik, waktu istirahat yang kurang, serta gaya hidup yang tidak sehat. Saat rasa lelah muncul, aktivitas sehari-hari tentu akan terganggu dan tidak bisa berjalan maksimal. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah capek. Untungnya, banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan stamina. Lantas, bagaimana cara menjaga stamina tubuh agar tidak mudah capek?

Inilah 5 Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tidak Mudah Capek

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Perlu diketahui bahwa makanan merupakan sumber energi yang utama bagi tubuh. Namun, perlu diingat bahwa menjaga dan meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah lelah tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengenyangkan saja. Anda harus mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Artinya, makanan yang dikonsumsi sehari-hari harus mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, mineral, serta vitamin.

Beberapa jenis makanan bernutrisi yang baik untuk menambah energi dan menjaga stamina adalah kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, susu dan olahannya, sayuran, telur, daging tanpa lemak, ikan, dll. Dengan mengonsumsi makanan bergizi tersebut, maka Anda akan merasa lebih berenergi dan tidak mudah lelah karena stamina terjaga.

Baca juga: Konsumsi 5 Minuman Ini untuk Memulihkan Energi

2. Hindari Minuman Beralkohol

Terlalu sering mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan stamina tubuh menurun, sehingga tubuh jadi lebih cepat merasa lelah. Pasalnya, alkohol bisa menyebabkan kinerja orak serta fungsi hati terganggu. Hal ini mengakibatkan seseorang mengalami gangguan tidur.

Meskipun minum alkohol biasanya akan membuat seseorang lebih cepat terlelap, namun akan ada efek negatif yang dirasakan. Mulai dari pusing, sakit kepala, serta kurang bertenaga keesokan harinya. Akibatnya, aktivitas esok hari menjadi terganggu karena tubuh lebih mudah merasa lelah.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh juga bisa menyebabkan tubuh seseorang lebih mudah lelah dan tidak bersemangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Pasalnya, air memegang peran penting untuk memastikan bahwa seluruh organ tubuh bekerja dan berfungsi dengan baik.

Tanpa adanya cairan yang cukup di dalam tubuh, maka aktivitas seluruh organ di dalam tubuh akan terganggu. Akibatnya, stamina tubuh menurun dan menyebabkan tubuh cepat lelah. Selain minum air putih, Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dengan mengonsumsi sumber air lain, seperti jus buah segar, infused water, teh, dll.

4. Rutin Berolahraga

Peran olahraga sangat penting untuk menjaga stamina tubuh. Olahraga secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan fungsi metabolisme, membuat tidur lebih nyenyak di malam hari, sekaligus bisa memperbaiki suasana hati. Dengan manfaat tersebut, maka tubuh akan terasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

Olahraga yang dilakukan tidak harus selalu melibatkan aktivitas fisik yang berat. Anda bisa memulainya dengan melakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki selama 15 – 20 menit. Selain itu, jenis olahraga rigan lain seperti aerobik, jogging, dan yoga juga bisa dilakukan untuk menjaga stamina tubuh.

5. Cukupi Waktu Tidur

Perlu diketahui bahwa tidur merupakan cara terbaik untuk mengisi kembali energi setelah melakukan aktivitas yang melelahkan seharian. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan tidur minimal 7 – 8 jam setiap malam supaya tubuh tidak mudah merasa lelah. Jika merasa lelah pada siang hari, cobalah untuk tidur siang sebentar saja, yaitu selama 20 – 30 menit. Hal ini bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan bertenaga, sehingga bisa meningkatkan produktivitas harian Anda.

Nah, itulah cara menjaga dan meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah lelah. Selain lima hal di atas, stamina tubuh juga bisa dijaga dengan mengelola stres. Pasalnya, rasa stres yang berlebih bisa menyebabkan susah tidur, kuang berenergi, dan daya tahan tubuh menurun. Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik, seperti menonton film, bermain musik, yoga, dan aktivitas menyenangkan lain yang bisa mengurangi stres. Yuk, lakukan beberapa hal diatas agar stamina tubuh terjaga.

Selain itu untuk menjaga stamina tubuh agar tetap terjaga kamu bisa melengkapinya dengan minum Amunizer. Minuman energi dari Enesis Grup ini memiliki kandungan vitamin B Complex, kafein dan panax ginseng yang dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga menjadi lebih bersemangat.

Baca juga: Ternyata Ada Banyak Manfaat Mengonsumsi Minuman Energi

Related article