bahaya mie instan
June 15, 2021 Article

Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Mie Instan

Scrubber Sesuai dengan namanya, mie instan diciptkan untuk mempermudah kehidupan manusia. Mie instan menawarkan kepraktiksan dan juga kelezatan rasa yang akan membuat setiap orang ingin menyantapnya lagi dan lagi. Karena praktis, mie instan akan sangat cocok untuk kamu yang sedang lapar saat malam hari maupun yang sedang dalam kesibukan super padat.

Meskipun praktis dan lezat, kamu tentu tahu jika semua makanan dengan embel-embel instan tidak baik dikonsumsi secara terus menerus kan? Dalam satu kemasan mie instan mengandung 1070 miligram natrium dan kandungan lemak serta karbohidrat tinggi yang berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari World Health Organization (WHO) bahwa kebutuhan natrium dalam tubuh manusia adalah dibawah 2000 miligram.

Lezat Tapi Bahaya, Lebih Waspada Yuk!

Berbagai studi telah membuktikan jika memakan mie instan terlalu sering akan merugikan dan berbahaya bagi tubuh. Beberapa kandungan dalam mie instan yang membuatnya termasuk dalam makanan tidak sehat antara lain kandugan karbohidrat, lemak, dan garam yang tinggi. Selain itu, mie instan juga rendah protein, serat, vitamin, dan mineral. Nah, buat kamu yang doyan banget makan mie instan, ini dia bahaya terlalu sering mengonsumsi mie instan.

Menyebabkan Gangguan Sistem Pencernaan

Selain rendah serat, mie instan juga termasuk dalam jenis makanan yang tidak mudah dicerna. Hal ini tentu akan membuat kerja sistem saluran pencernaan menjadi lebih berat. Oleh sebab itu, mengonsumsi mie instan terlalu sering akan menyebabkan makanan yang ada di dalam sistem pencernaan menumpuk sehingga menyebabkan ganggunan.

Meningkatan Tekanan Darah Tinggi

Karena bumbu yang digunakan mie instan mengandung garam atau natrim yang tinggi atau setara dengan 860mg akan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan dapat merusak pembuluh darah yang akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Jumlah tersebut belum ditambah lagi dari kandungan natrium dalam makanan lain yang kamu konsumsi dalam hari yang sama. Idealnya kandungan natrium dalam tubuh tidak boleh lebih dari 2.000-2.400 mg.

Obesitas

Mie instan termasuk dalam jenis makanan dengan kandungan kalori yang cukup tinggi karena terbuat dari tepung terigu. Mengonsumsi mie instan terlalu sering bisa menyebabkan obesitas karena tubuh memakan karbohidrat dala jumlah yang banyak dan tidak diimbangi dengan aktifitas fisik yang sepadan seperti olahraga dan lainnya.

Diabetes

Selain dapat menyebabkan obesitas, karbohidrat yang tinggi juga bisa memicu penyakit lain seperti diabetes. Kelebihan karbohidrat dalam tubuh akan diolah menjadi glukosa dan tubuh akan kesulitan menghasilkan insulin. Insulin inilah yang berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi energy.

Penyakit Jantung

Tahukah kamu jika mie instan merupakan salah satu jenis makanan yang menggunakan MSG (Monosodium Glutamat) yang berfungsi untuk meningkatkan rasa menjadi lebih gurih. Kandungan MSG yang jika dikonsumsi sering oleh tubuh tidak hanya menyebabkan tekanan darah tinggi namun juga penyakit jantung. Mie instan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita hipertensi, gagal jantung kongestif, dan pengguna obat diueretik dan beberapa jenis obat antidepresan.

Nah, itu dia 5 bahaya terlalu sering mengonsumsi mie instan bagi kesehatan tubuh. Untuk mencegah bahaya tersebut, kamu wajib mengolah dan mengonsumsi mie instan dengan baik dan benar. Kamu bisa menambahkan beberapa bahan tambahan seperti ayam, telur, jamur, kacang-kacangan, wortel, kubis, dan sayuran lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi bumbu dengan menggunakannya hanya setengah saja untuk menghindari risiko dari kandungan garam dan MSG yang terlalu tinggi. Cukup sekian dulu ya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan mencukupi asupan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga dan hindari merokok.