June 19, 2021 Article

Apakah Air Mineral Bisa Basi? Ini Penjelasannya

Air Sejuk Semua makanan, terutama makanan basah yang telah lama disimpan terlebih pada ruangan yang terbuka akan mudah basi. Namun apakah hal ini hanya berlaku pada makanan saja? Jawabannya tidak, kenyataannya banyak juga minuman kemasan yang selalu memiliki tanggal kadaluwarsa, tak terkecual air mineral.

Semua makanan maupun minuman yang kemasannya mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada kemasannya tentu bisa basi. Pemberian tanggal kadaluwarsa ini dimaksudkan agar konsumen tidak mengonsumsi minuman tersebut guna mencegah terjadinya keracunan.

Sebenarnya tanggal kadaluwarsa yang tercantum pada kemasan air mineral tidak terlalu berpengaruh pada kualitas air. Sehingga jika tanggal kadaluwarsa telah lewat, kualitas air masih cukup baik untuk dikonsumsi. Namun sebaiknya kamu tetap disarankan untuk tidak mengonsumsinya, selama air yang masih dalam kondisi baik masih ada.

Air mineral bisa basi disebabkan oleh berbagai bakteri, kuman, jamur dan juga partikel bebas yang mengontaminasinya. Semua kuman penyakit dan bakteri tersebut akan membuat kualitas air menjadi menurun, terlebih jika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Ciri-Ciri Air Mineral yang Layak Dikonsumsi

Nah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, terutama saat kamu membeli air mineral tanpa memperhatikan kapan tanggal kadaluwarsanya. Berikut beberapa ciri-ciri air mineral layak konsumsi yang sangat mudah dikenali:

Tidak Berwarna

Ciri pertama dari air yang layak dikonsumsi adalah air minum tersebut tidak memiliki warna. Warna pada  air bukanlah ciri dan sifat utama dari air yang sehat dan bersih. Jika terdapat warna yang terlihat pada air, maka sudah dipastikan bahwa air tersebut berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Jika air yang berwarna tetap saja dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang akan membahayakan nyawa kamu. Contohnya saja seperti mengonsumsi air berwarna yang telah terkontaminasi dengan sisa zat limbah pabrik ataupun air yang telah tercemar oleh sampah.

Tidak Keruh

Ciri air layak konsumsi selanjutnya yang dapat dikenali dengan mudah adalah air tidak keruh. Air yang bersih dan sehat selalu terlihat jernih dari berbagai macam debu maupun kotoran lainnya. Jika air yang akan kamu konsumsi keruh, besar kemungkinan jika air tersebut telah terkontaminasi denngan zat-zat lain.

Tentunya hal ini juga bisa saja terjadi, sebab air diambil dari tanah. Sehingga mungkin besar kemungkinan jika air akan bercampur dengan pasir ataupun tanah  ataupun zat lain yang membahayakan tubuh.

Tidak Berbau

Ciri air besih dan sehat untuk dikonsumsi yang ketiga adalah air tidak memiliki bau. Bau ini meliputi bau tertentu yang sifatnya sementara maupun berkepanjangan. Terlebih lagi air biasanya baru diambil dari sumber memiliki bau yang sangat otentik dengan bau dari asam.

Jika terdapat bau tertentu, maka sudah dipastikan air minum tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Bahkan air tersebut bisa menimbulkan keracunan jika tetap dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak Memiliki Rasa

Air mineral yang bagus yaitu yang tawar atau tidak ada rasa sama sekali. Rasa normal air yang tawar justru lebih menyegarkan ketika diminum. Air dengan rasa tawar juga menjadi tanda bahwa air tersebut masih benar-benar bersih dan belum tercampur dengan zat apapun.

Sangat penting untuk mengonsumsi air mineral yang bersih dan sehat sehingga memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam memilih air mineral pilihlah yang memiliki kualitas yang bagus seperti Air Sejuk Adem Sari.

Air mineral yang diluncurkan oleh Enesis Group ini memiliki kandungan tinggi mineral yang baik untuk menyeimbangkan kadar mineral & tingkat keasaman tubuh, sehingga membantu menjaga dari gejala panas dalam, menghilangkan haus dan membuat badan lebih sejuk.