Januari 17, 2022 Artikel

Bagaimana Cara Menambah Stamina Tubuh? Ini Jawabannya!

Amunizer – Stamina merupakan kekuratan atau energi yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mengerahkan tenaga dalam waktu yang lama. Istilah stamina biasaja ditunjukkan pada pengerahan tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas fisik, seperti olahraga. Selain itu, stamina juga berkaitan dengan pengerahan tenaga secara mental yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas serta menyelesaikan masalah yang sulit. Memiliki stamina yang tinggi bisa membuat berbagai macam aktivitas semakin mudah dilakukan. Sebaliknya, stamina yang menurun bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, menjaga dan menambah stamina sangat penting. Lantas, bagaimana cara menambah stamina tubuh?

Cara Menambah Stamina Tubuh

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang sangat penting karena nantinya makanan tersebut akan menjadi bahan bakar tubuh untuk diubah digunakan sebagi energi. Makanan yang bergizi dan bernutrisi akan membuat tubuh berenergi, sehingga stamia tubuh juga akan meningkat.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak untuk membuat stamina tubuh bertambah. Hindari mengonsumsi makanan siap saji, makanan dengan kandungan gula tinggi, serta makanan tidak sehat lainnya.

Baca juga: Konsumsi 5 Minuman ini untuk Memulihkan Energi

2. Minum Air Putih

Peran air putih bagi kesehatan tubuh tentu sangat banyak. Oleh karena itu, semua orang dituntut untuk memperbanyak minum air putih. Nah, salah satu manfaat minum air putih adalah bisa meningkatkan stamina karena dapat menekan rasa lelah di otot.

Sebaliknya, kurang minum air putih akan menyebabkan jaringan otot mengalami dehidrasi. Hal ini bisa menyebabkan kinerja jaringan otot tidak mampu berfungsi dengan baik. Maka dari itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

3. Melakukan Latihan Fisik

Stamina tubuh juga bisa bertambah dengan rutin melakukan latihan fisik. Aktivitas latihan fisik yang dilakukan secara rutin sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan energi secara keseluruhan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, pastikan Anda meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin agar stamina tubuh semakin meningkat.

Latihan fisik bisa dilakukan dengan latihan kardiovaskular, seperti aerobik, bersepeda, menari, berlari, dan aktivitas lain yang melatih jantung serta paru-paru. Selain itu, latihan fisik juga bisa dilakukan dengan cara latihan kekuatan, seperti angkat bebas, push up, sit up, dll. Sebagai hasilnya, latihan fisik tersebut akan membuat stamina dan daya tahan tubuh meningkat secara bertahap.

4. Istirahat yang Cukup

Beristirhat dengan jumlah yang cukup juga sangat penting untuk mendapatkan stamina tubuh yang baik. Pasalnya, tidur malam akan membuat tubuh terasa lebih segar, fokus, dan berenergi. Dengan begitu, maka keesokan harinya Anda bisa mengerahkan seluruh kekuatan fisik dengan baik.

Sebaliknya, kurang istirahat bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah dan memiliki kinerja buruk. Bahkan, kebiasaan tidur yang buruk juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang berdampak negatif bagi stamina, seperti tekanan darah tinggi dan meningkatkan berat badan. Maka dari itu, pastikan untuk tidur sekitar 7 – 8 jam dalam setiap malam.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat membuat stamina bertambah. Jika ingin stamina tubuh selalu prima, maka pastikan untuk mengaplikasikan beberapa hal tersebut. Selain melakukan empat hal di atas, stamina tubuh juga bisa bertambah dengan mengurangi stres, melakukan hobi, hingga membangun hubungan baik dengan orang lain. Saat stamina terjaga, maka tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari risiko berbagai jenis penyakit.

Selain itu kamu bisa menambah stamina dengan minum Amunizer. Minuman energi dari Enesis Grup ini memiliki kandungan vitamin B Complex, kafein dan panax ginseng yang dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga menjadi lebih bersemangat.

Baca juga: Tips Menambah Energi Ketika Fitness

Related article