January 15, 2022 Article

Apa Saja Syarat Air Layak Minum?

Air Sejuk Cairan merupakan elemn yang paling penting dan paling banyak di dalam tubuh manusia. Kita membutuhkan sekitar  2-3 liter per hari untuk mencukupinya. Namun, tak semua air itu layak untuk diminum karena berkaitan erat dengan kesehatan manusia. Lalu, apa saja syarat air layak minum?

Inilah Syarat Air Layak Minum

Ya, di dalam kehidupan sehari-hari memang kita menemukan berbagai jenis air. Namun, yang memenuhi syarat sebagai air yang layak minum hanya seperti penjelasan di bawah ini:

Tidak Berwarna

Syarat yang pertama dan yang paling utama adalah air itu tidak berwarna atau jernih. Air yang tidak berwarna mencerminkan bahwa air tersebut tidak terkontaminasi dengan kotoran atau zat berbahaya lainnya.

Jadi, jika Anda mendapati air yang berasal dari sumber sekali pun tetapi warnanya kuning, kecokelatan, bahkan menghitam maka itu tidak layak untuk diminum.

Tidak Berbau

Syarat yang selanjutnya adalah tidak berbau. Ya, air minum yang sehat itu tak memiliki bau sama sekali karena tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

Jadi, apabila Anda mendapati air yang berbau seperti karat, belerang, atau bau apa saja jangan diminum ya! Ditakutkan ada kandungan logam atau zat-zat berbahaya yang merusak ginjal dan organ tubuh lainnya.

Tidak Memiliki Rasa

Selanjutnya, syarat air yang layak minum adalah yang tidak memiliki rasa atau bisa disebut dengan tawar. Air yang berasa tentu memiliki beberapa tambahan di zat di dalamnya baik itu alami maupun non alami.

Air yang berasa itu misalnya adalah air asin, air pahit, dan lain sebagainya. Ini berbahaya dan harus dihindari sebagai air minum ya!

Tidak Mengandung Mikroorganisme Berbahaya

Syarat air yang layak minum tentunya tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya. Hal ini harus diketahui bersama dan harus dicegah karena mikroorganisme tersebut bisa menyebabkan diare.

Mikroorganisme berbahaya ini bisa dalam bentuk kuman, bakteri, maupun virus. Untuk memastikan bahwa air tersebut tidak mengandung mikroorganisme tersebut adalah dengan memasaknya hingga mendidih (100oC).

Memiliki pH 6,5 hingga 8,5

Selanjutnya, air yang layak untuk diminum adalah yang memiliki pH 6,5 hingga 8,5 saja. Untuk mengujinya adalah dengan menggunakan kertas lakmus atau pengukur pH digital.

Jika mengandalkan lidah maka air ini terasa tawar. Namun untuk yang pH-nya 8,5 biasanya rasanya sedikit lebih pahit.

Tidak Mengandung Bahan Kimia yang Sifatnya Berbahaya bagi Tubuh

Syarat yang keenam adalah tidak mengandung bahan kimia yang sifatnya itu berbahaya bagi tubuh. Bahan kimia memang ada di dalam air namun semuanya ada kadarnya sendiri-sendiri. Jika melebihi maka tak baik untuk tubuh. Berikut batas-batasnya:

  1. Klorida: 250 mgr./L
  2. Aluminium: 0,2 mgr./L
  3. Sulfat: 250 mgr./L
  4. Tembaga: mgr./L
  5. Amonia: mgr./L
  6. Mangan: 0,4 mgr./L
  7. Seng: 3 mgr./L
  8. Besi: 0,3 mgr./L

Sumber Air tidak Terpapar Suhu Tinggi

Terakhir adalah air tersebut tidak terpapar oleh suhu yang tinggi. Ya, air yang sumbernya dari suhu tinggi akan menyebabkan tercemarnya bakteri E.Colli. Bakteri ini bisa hidup pada suhu 37oC dan jumlahnya bis meningkat jika suhu mencapai 44oC.

Pertanyaan Anda mengenai apa saja syarat air layak minum? sudah terjawab di atas bukan. Nah, jika Anda mencari air minum yang sudah sesuai dengan standar layak dan kaya akan mineral minum lah Air Sejuk Adem Sari.

Produk air mineral dari Enesis Grup ini memiliki kandungan tinggi mineral yang baik untuk menyeimbangkan kadar mineral & tingkat keasaman tubuh, sehingga membantu menjaga dari gejala panas dalam, menghilangkan haus dan membuat badan lebih sejuk.