May 28, 2022 Article

5 Sayuran yang Mengandung Vitamin C, Sehat dan Enak

Amunizer – Anda mungkin mengira vitamin C hanya ada di buah-buahan berwarna cerah seperti jeruk dan lemon. Namun, ternyata tidak hanya buah-buahan yang mengandung vitamin C. Ada banyak jenis sayuran yang mengandung jenis vitamin satu ini juga.

Bahkan, beberapa jenis sayuran memiliki kandungan vitamin jenis C yang lebih tinggi daripada buah-buahan. Jadi, tidak hanya memakan buah-buahan saja, Anda bisa mengolah berbagai sayuran dalam masakan untuk mendapatkan asupan vitamin C yang lebih maksimal.

Jenis Sayuran yang Mengandung Vitamin C 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis sayuran yang vitamin jenis C. Sayuran ini memiliki harga yang terjangkau, Anda juga bisa mengolahnya menjadi berbagai masakan untuk sehari-hari.

Berikut adalah berbagai jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin jenis C. Anda bisa dengan mudah menemukan sayur-sayuran ini di sekitar Anda.

  1. Kandungan Vitamin Tinggi di Sayur Kale 

Sayuran pertama yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi adalah sayur Kale. Kandungan vitamin jenis C pada kale mencapai 120 miligram untuk per ikatnya. Hal yang unik dari sayuran satu ini, semakin diolah maka kandungan vitaminnya akan semakin meningkat.

Anda bisa mengelola sayur kale ini dengan berbagai macam metode. Mulai dengan cara dikukus, ditumis, dan sebagainya. Setiap proses yang dilalui bisa meningkatkan jumlah vitamin di dalam sayuran.

  1. Semakin Kuat dengan Bayam 

Sayur bayam memang sudah dikenal sebagai sayur yang mendukung kesehatan dan daya tahan tubuh. Salah satu alasannya adalah karena ada kandungan vitamin jenis C yang cukup tinggi pada sayuran satu ini.

Kandungan vitamin jenis C pada sayur Bayam mencapai 24 miligram pada tiap 85 gramnya. Sayuran ini juga mengandung banyak nutrisi lain seperti zat besi, kalium, asam folat, dan sebagainya.

  1. Sumber Vitamin C yang Baik Brokoli 

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin jenis C yang tinggi. Bisa dibilang brokoli termasuk jenis sayur dengan kandungan vitamin jenis C yang paling baik. Dalam semangkuk brokoli hijau terkandung banyak vitamin jenis C yang mudah dicerna oleh tubuh.

Kandungan vitamin jenis C pada brokoli juga dapat bertahan lama. Terlepas proses memasak yang dilakukan pada brokoli. Mulai dari direbus, ditumis, dikukus, dan sebagainya.

  1. Konsumsi Dalam Keadaan Makan Paprika Kuning 

Kandungan vitamin jenis C pada paprika kuning akan lebih meningkat, jika Anda memasaknya dan mengkonsumsinya dalam kondisi matang. Dalam kondisi matang, kandungan vitamin jenis C pada paprika kuning bisa mencapai 137 gram per 75 gramnya.

Pengolahan pada sayuran jenis ini tidak akan mengurangi kandungan vitamin jenis C pada sayuran ini akan semakin tinggi. Jadi, Anda bisa dengan mudah mengolahnya namun paprika kuning akan tetap sehat dan tinggi vitamin jenis C.

  1. Vitamin C pada Makanan Pedas 

Jika Anda adalah penggemar makanan pedas, Anda harus mengetahui bahwa cabai yang Anda konsumsi ternyata mengandung vitamin jenis C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin pada cabai bisa mencapai 109 miligram untuk per 65 miligramnya.

Namun, lebih baik untuk tidak mengkonsumsi cabai secara berlebihan. Karena, bisa menyebabkan efek kurang baik pada pencernaan.

Itulah berbagai sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain mengonsumsi sayuran di atas, Anda bisa mencukupi asupan vitamin C harian tubuh dengan minum Amunizer. Minuman suplemen herbal dari Enesis Grup ini memilik kandungan Vitamin C 1000 mg dan Elderberry yang kaya akan antioksidan.