Home > Info Kesehatan
Berita & Kegiatan
06 November 2018
Enesis Peduli Palu
 
INFO KESEHATAN
Share artikel ini ke :
01 Agustus 2018
Mari Cegah Heat Stroke
Cuaca sangat panas belakangan ini sedang melanda negara Jepang. Bahkan, seperti dilansir Sindonews.com, cuaca yang mencapai 40,7 derajat tersebut telah memakan korban sekitar 30 orang. Walaupun tidak sepanas musim panas di Jepang saat ini, negara tropis seperti Indonesia juga perlu waspada terhadap cuaca yang terlalu panas dan terik menyengat, karena jika hal tersebut berlangsung lama, dapat mempengaruhi kondisi fisik dan kesehatan seseorang. Contoh dari dampak cuaca sangat panas yaitu heat exhaustion (kelelahan karena panas). Biasanya heat exhaustion dimulai dengan memiliki gejala pusing, sakit kepala, dan berkeringat dalam jumlah banyak. 
 
Kondisi yang lebih parah dari heat exhaustion yakni heat stroke (serangan panas). Heat stroke adalah kondisi darurat medis yang cukup gawat dan jika tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kerusakan otak dan organ tubuh lainnya. Biasanya serangan panas diikuti dengan suhu tubuh di atas 39 derajat, kulit mengering, dan tidak sadarkan diri atau pingsan. 
 
Suhu panas yang ekstrem ditambah dengan kelembapan yang tinggi dan berlangsung lama dapat berbahaya bagi manusia bahkan dapat menyebabkan kematian. Walau dapat berbahaya, heat stroke sebenarnya dapat dicegah dan dapat diprediksi. Berikut ini langkah untuk mencegah heat stroke :
 
1. Pakailah pakaian yang ringan dan berwarna cerah saat hari panas 
 
2. Setiap saat, selalu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi minimal SPF 50 agar kulit tidak terbakar. 
 
3. Jangan beraktivitas terlalu berat saat cuaca panas terutama jika aktivitas dilakukan di luar ruangan (outdoor)
 
4. Selalu minum air putih 2 liter per hari agar tubuh tidak dehidrasi. 
 
5. Sebagai tambahan, minumlah minuman yang memiliki kadar elektrolit tinggi seperti Coolant. Coolant adalah minuman ion dan penyejuk yang memiliki kandungan mineral alami seperti natrium, kalium, dan magnesium yang berkhasiat untuk menghilangkan haus dengan cepat dan melancarkan sirkulasi tubuh. Tak hanya itu, kandungan bunga chysanthemum-nya secara alami dapat berfungsi menghilangkan panas dan gerah akibat perubahan suhu tubuh sehingga tubuh dapat sejuk kembali. Mengonsumsi Coolant setiap saat terutama saat panas adalah solusi praktis untuk mencegah diri dari terserang heat stroke
 
Share artikel ini ke :
Copyright © 2011 Enesis Group. All rights reserved.  |  Terms of Use  |  Peta Situs