Home > Info Kesehatan
INFO KESEHATAN
Share artikel ini ke :
09 Juli 2018
Jangan Terlalu Sering Tunda BAB
Kotoran adalah sesuatu yang harus dikeluarkan oleh tubuh. Namun kadang kala, terdapat kondisi yang tidak memungkinkan kita untuk mengeluarkan kotoran melalui buang air besar (BAB). Misalnya saat kita sedang terjebak kemacetan, atau saat dalam perjalanan yang tidak mungkin untuk ke toilet. 
 
Kotoran yang tidak dikeluarkan akan menjadi keras dan nantinya akan 
 
sulit untuk dikeluarkan. Karena itu, sebisa mungkin, jangan pernah menahan buang air besar, karena dapat menyebabkan hal-hal berikut ini  :
1. Wasir 
Menahan buang air besar dalam waktu lama dapat menyebabkan pembuluh 
 
darah bengkak hingga dapat menyebabkan wasir. Jika wasir dibiarkan, 
 
menurut dr. Meta Hanindita yang dilansir dari doktersehat.com, maka 
 
dapat berbahaya dan dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. 
 
2. Terkadang Dapat Menyebabkan Diare 
Menahan buang air besar bagi sebagian orang dapat menyebabkan 
 
sembelit atau sulit untuk buang air besar. Namun sebagian yang 
 
lain, justru menahan BAB dapat menyebabkan diare. 
 
3. Usus Dapat Menyerap Racun
Kotoran yang telalu lama di usus, akan menjadi keras, dan sistem pencernaan yang seharusnya menyerap air dan nutrisi pun jadi menyerap racun dalam kotoran yang tidak dikeluarkan. 
 
Walaupun menahan BAB tidak terlalu berbahaya dan tidak menyebabkan penyakit serius, ada baiknya untuk tidak terlalu sering menahan BAB. Jangan ragu untuk segera mencari toilet dan izin ke belakang demi kesehatan pencernaan. 
 
Selain itu, untuk menjaga kesehatan pencernaan, sebaiknya konsumsi serat setiap hari. Manfaat serat bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, serta kacang-kacangan, dan juga dengan mengonsumsi suplemen serat Vegeta. Vegeta kini hadir dengan formula yang tidak mengental dan dengan rasa jeruk yang lebih enak untuk memenuhi kebutuhan serat setiap hari, sehingga dapat melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, mengonsumsi Vegeta secara rutin juga dapat membantu mengontrol kolesterol, mencegah penyakit wasir, serta dapat mencegah kanker usus besar. 
 
Share artikel ini ke :
Copyright © 2011 Enesis Group. All rights reserved.  |  Terms of Use  |  Peta Situs