Home > Info Kesehatan
INFO KESEHATAN
Share artikel ini ke :
15 Juni 2018
Tips Agar Terhindar Dari Nyamuk Mematikan

Seringkali kita mengabaikan keberadaan nyamuk di rumah kita. Padahal, beberapa jenis nyamuk sangat berbahaya karena dapat menularkan penyakit mematikan seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, zika, ataupun japanese enchepalitis.  Seperti dilansir dari Republika.com, kurang lebih ada sekitar 3500 spesies nyamuk di dunia, namun tidak semuanya berbahaya untuk manusia.

Secara umum ada 3 jenis nyamuk yang mematikan di dunia, yaitu Aedes Aegypty, Aedes Albopictus, dan nyamuk Anopheles. Mari kita bahas satu per satu jenis nyamuk tersebut.

 

1. Nyamuk Anopheles.

Nyamuk Anopheles adalah nyamuk yang dapat menularkan penyakit malaria. Nyamuk yang berkembang biak di air ini dapat dengan mudah ditemukan di daerah rawa-rawa, permukaan air, dan saluran air. Nyamuk ini biasanya menggigit manusia pada malam hari. Adapun Anopheles yang menyebabkan malaria adalah Anopheles Sundaicus, Anopheles Maculatus, dan Anopheles balabacensis. Selain malaria, nyamuk jenis Anopheles juga dapat menyebabkan penyakit kaki gajah atau filariasis.

 

2. Nyamuk Aedes Aegypti.

Ciri nyamuk ini mudah dikenali yani tubuhnya bercak hitam-putih. Jenis nyamuk ini suka pada baju yang dibiarkan menggantung, tempat gelap seperti kolong tempat tidur, dan tempat penampungan air contohnya bak mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, dan lain-lain. Nyamuk Aedes Aegypti biasanya menggigit pada pukul 08.00 - 12.00 WIB dan pukul 15.00 - 17.00 WIB. Untuk itu disarankan untuk lebih memperhatikan pencegahan gigitan nyamuk pada jam-jam tersebut.

 

3. Nyamuk Culex.

Nyamuk Culex biasanya aktif di malam hari dan memiliki warna dan motif yang bermacam-macam, seperti hitam maupun coklat. Ciri unik dari jenis nyamuk ini adalah saat hinggap, posisi tubuhnya tidak menukik tapi mendatar. Culex bisa ditemukan di air keruh atau kotor seperti got, septic tank, walau tidak menutup kemungkinan Ia juga kadang berada di air jernih. 

 

Cara Pencegahan Gigitan Nyamuk Mematikan

Setelah tahu mengenai jenis-jenis nyamuk, kini kita bisa mengetahui bagaimana cara mencegah diri dari gigitan nyamuk, yaitu dengan melaksanakan 3M Plus antara lain menguras dan membersihkan tempat penampungan air dan rutin mengganti air minum burung atau hewan peliharaan lainnya, dan memanfaatkan kembali barang-barang yang tidak terpakai. Plus yang dimaksud dalam 3Mplus ini contohnya yakni dengan menggunakan lotion tolak nyamuk seperti Soffell yang memiliki 2 perlindungan. Perlindungan pertama yaitu mencegah nyamuk menggigit kulit kita dengan aroma Soffell yang tidak disukai oleh nyamuk. Perlindungan kedua yakni mengusir nyamuk dengan rasa yang tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, plus lainnya yakni menghindari menggunakan baju berwarna gelap, menghindari tempat gelap yang disukai nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk seperti pohon sereh di halaman rumah, dan menggunakan bubuk abate di tempat-tempat penampungan air bersih seperti bak mandi, tempayan, vas bunga, tempat air minum binatang peliharaan, dan lainnya.

Referensi :

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4081544/kenali-jenis-jenis-nyamuk-dan-penyakit-yang-ditularkannya?utm_source=twitter&utm_medium=oa&utm_content=detikhealth&utm_campaign=cmssocmed

https://www.republika.co.id/berita/koran/medika/16/02/04/o20jkd5-kenali-tiga-jenis-nyamuk-paling-mematikan

https://www.vemale.com/kesehatan/108276-3-nyamuk-ini-berbahaya-kenali-dan-hindari.html 

Share artikel ini ke :
Copyright © 2011 Enesis Group. All rights reserved.  |  Terms of Use  |  Peta Situs