Home > Info Kesehatan
INFO KESEHATAN
Share artikel ini ke :
12 Februari 2018
Cegah Flu di Musim Hujan
Influenza atau biasa disebut dengan flu, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA. Gejala dari penyakit ini biasanya adalah demam, nyeri otot, batuk, sakit kepala, dan rasa tidak nyaman pada tubuh. Perubahan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini membuat imunitas tubuh menurun dan menyebabkan tubuh mudah terjangkit virus flu. 
 
Walaupun penyakit flu terbilang penyakit ringan, namun belakangan ini, sejumlah negara seperti Amerika, China, dan Hongkong dilanda wabah flu yang cukup serius. Seperti dilansir dari Detik.com, US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut jumlah penderita wabah flu tahun tahun ini telah menyamai fenomena flu babi pada 2009 dan melampaui wabah flu musiman paling tinggi sepanjang sejarah pada 2003. Kematian akibat influenza dan pneumonia, yang saling terkait satu sama lain di musim dingin AS, dikabarkan bertanggung jawab atas 1 dari setiap 10 kematian sepanjang Januari 2018 lalu. 
 
Sejumlah kasus flu ini mengingatkan kita untuk selalu mencegah daripada mengobati. Karena itu, penting untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena flu seperti :
 
1. Minum cairan hangat. 
Meminum cairan hangat dapat membantu Anda merasa lebih baik karena air hangat dapat meredakan gejala flu seperti pilek, bersin, sakit tenggorokan, dan lemas. Usahakan untuk menghindari konsumsi air dingin terlebih air es jika dalam keadaan flu.
 
2. Konsumsi Vitamin C 
Konsumsi vitamin C dapat membantu Anda untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang virus RNA penyebab influenza. Orang dewasa sebaiknya mengonsumsi 65-90 mg vitamin C setiap harinya. Selain dalam bentuk suplemen makanan, vitamin C juga bisa didapat dengan konsumsi buah dan sayur seperti jeruk, paprika, kiwi, dan bayam. 
 
3. Jaga higienitas 
Secara tidak sadar, banyak yang terpapar virus dan bakteri melalui tangan yang tidak bersih. Karena itu, selalu biasakan untuk mencuci tangan setiap kali menyentuh barang di tempat umum, ataupun sebelum dan sesudah makan dan juga setelah keluar dari toilet.  
 
Seperti dilansir metrotvnews, menurut Center of Disease Control (CDC) hanya dengana membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan tangan, maka dapat mengurangi risiko flu dan penyakit pernafasan lain hingga 21%. Selain itu juga dapat menurunkan risiko terkena diare dan infeksi usus hingga 59%, serta mencegah terkena penyakit yang lebih serius seperti hepatitis A atau meningitis. 
 
Menjaga higienitas tangan kini sangat praktis berkat kehadiran hand sanitizer seperti Antis. Antis mengandung 70% alkohol yang cepat membunuh kuman penyakit seperti E.Coli dan S.Aureus. Tak perlu khawatir tangan menjadi kering jika menggunakan Antis karena Antis mengandung moisturizer yang membuat tangan tetap lembut. Dengan perlindungan long lasting dari kuman selama 2 jam, Antis cocok dipakai setiap saat seperti sebelum dan sesudah makan, setelah memegang hewan peliharaan, setelah menyentuh benda atau menggunakan fasilitas umum, dan aktivitas lainnya. 
 
 
Sumber :
 
http://kabar24.bisnis.com/read/20180210/19/737099/wabah-flu-guncang-amerika-serikat-
 
https://health.detik.com/read/2018/02/12/122957/3862661/763/dunia-disebut-masih-belum-siap-menghadapi-pandemik-flu-2017-2018
 
https://health.detik.com/read/2018/02/06/120452/3852439/763/musim-hujan-dan-banjir-cegah-flu-dan-pilek-dengan-4-langkah-simpel-ini
 
Share artikel ini ke :
Copyright © 2011 Enesis Group. All rights reserved.  |  Terms of Use  |  Peta Situs