Home > Info Kesehatan
INFO KESEHATAN
Share artikel ini ke :
18 Desember 2017
Pentingnya Kebersihan Tangan Untuk Cegah Penyakit Difteri
Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diphteriae yang dapat menyebabkan kematian terutama pada anak-anak. Penyakit ini melepaskan lapisan saluran pernapasan sehingga menutup jalur pernapasan terutama. Tak hanya itu, kematian juga dapat terjadi karena menyebabkan peradangan pada otot jantung dan sistem saraf juga sering terkena sehingga menyebabkan kelumpuhan. Seperti dilansir Viva.co.id, kasus difteri pada anak sejak awal tahun 2017 semakin hari semakin meningkat hingga 28 Provinsi telah terjangkit penyakit mematikan ini. Karena itulah difteri akhirnya ditetapkan sebagai KLB (Kejadian Luar Biasa) oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 
 
Hingga kini, Kementerian Kesehatan mencatat ada lebih dari 1.260 kasus penyakit difteri di seluruh Indonesia dan telah merenggut 61 korban jiwa dalam waktu 3 tahun. Untuk mencegah difteri pada anak-anak, perlindungan terbaik yakni melakukan imunisasi. Seperti yang dilansir detik.com, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengingatkan agar orang tua jangan lupa melindungi anak dengan vaksin. Anak di bawah usia 1 tahun sudah bisa mendapatkan vaksin yang kemudian diulang lagi ketika masuk usia sekolah. 
 
Tidak hanya imunisasi saja, diperlukan cara lain untuk mencegah diri ataupun anak Anda agar tidak tertular penyakit difteri, contohnya yakni dengan menggunakan masker agar tidak tertular, karena penularan difteri sangat cepat, yakni dapat menular melalui percikan air liur yang biasanya melalui bersin atau batuk. Kemudian, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan agar tangan terjaga kebersihannya dan terhindar dari penyakit. Mencuci tangan dengan air mengalir ataupun cuci tangan dengan menggunakan cairan antiseptik seperti Antis dapat mengurangi risiko penularan penyakit difteri karena Antis mengandung alkohol 70% yang dapat mematikan kuman seperti virus dan bakteri dalam waktu 4 detik saja. idak perlu khawatir tangan akan menjadi kering jika menggunakan Antis karena Antis mengandung moisturizer atau pelembab sehingga tangan tidak akan terasa kering. Antis kini hadir dengan kemasan spray yang lebih praktis dan tidak lengket di tangan, dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, baik sebelum dan sesudah makan, setelah salaman dengan orang lain, setelah menggunakan fasiltas umum, dan setelah melakukan aktivitas lainnya. 
 
 
Referensi 
 
https://health.detik.com/read/2017/12/01/165544/3751419/763/difteri-mewabah-di-indonesia-begini-peta-persebarannya
 
http://health.liputan6.com/read/3187020/ada-trik-lain-cegah-difteri-selain-imunisasi
 
http://health.liputan6.com/read/3191633/cek-catatan-imunisasi-demi-cegah-difteri-pada-anak
 
https://news.detik.com/jawabarat/3769648/kasus-wabah-difteri-di-jabar-terus-bertambah
 
http://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/988681-ketua-idai-klb-difteri-kini-rekor-paling-tinggi-di-dunia
 
Gambar diambil dari : factfile.org
 
Share artikel ini ke :
Copyright © 2011 Enesis Group. All rights reserved.  |  Terms of Use  |  Peta Situs