Home > Info Kesehatan
INFO KESEHATAN
Share artikel ini ke :
01 Juli 2017
Hilangkan Kantuk dan Kelelahan Selama Perjalanan Mudik
Perjalanan mudik ke kampung halaman sudah menjadi menjadi 'ritual' tahunan yang dilakukan di Indonesia. Walaupun mudik identik dengan macet yang berkepanjangan yang akan pemudik alami, belum lagi jarak tempuh yang jauh, hal tersebut tidak menyurutkan para pemudik untuk tetap pulang ke kampung halaman mereka. 
 
Walaupun kelihatannya sepele, namun kelelahan atau mengantuk sangat fatal akibatnya apabila diabaikan. Terlebih, seperti juga dilansir Kontan.co.id, mengantuk menyumbang kecelakaan terbesar selama mudik lebaran yakni hingga sebesar 66%. Untuk menghindari kantuk dan lelah selama perjalanan mudik, simak tips berikut :
 
1. Usahakan untuk selalu istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan mudik, baik perjalanan ke kampung halaman maupun kembali ke tempat asal.
Karena akan melakukan perjalanan jauh, persiapkanklah tubuh Anda sebaik mungkin. Jika perlu, tambah asupan sejak beberapa hari sebelum perjalanan agar tubuh lebih fit. 
 
2. Hindari konsumsi obat-obatan yang dapat menimbulkan rasa kantuk.
Jika harus minum obat karena sakit, sebaiknya pilih yang tidak menimbulkan rasa kantuk, atau pilihlah obat herbal. 
 
3. Sebaiknya tidak melakukan perjalanan mudik sendirian. 
Perjalanan mudik biasanya dilakukan bersama keluarga atau sanak saudara sehingga Anda memiliki teman untuk mengobrol atau bahkan teman bergantian menyetir jika Anda sudah mulai lelah. 
 
4. Lakukanlah senam ringan di mobil.
Saat melakukan perjalanan jauh, otot Anda akan tegang, karena itu penting untuk bergerak agar tubuh Anda tidak kaku. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat mengurangi ketegangan otot rahang dan menghilangkan kantuk.
 
5. Mengonsumsi Proman 
Proman minuman energi mengandung bahan berkualitas tinggi seperti multi ginseng yang bermanfaat untuk tubuh di saat membutuhkan energi lebih. Tidak hanya itu, kandungan mineral dan vitamin B3, B5, dan B12 serta kandungan kafeinnya dapat meningkatkan stamina otot, membuat semangat tetap terjaga, menyegarkan tubuh. Proman sangat cocok diminum saat sedang berkendara dalam waktu yang lama, seperti saat perjalanan mudik untuk menjaga tubuh tetap segar dan konsentrasi menyetir pun tetap terjaga. 
 
6. Jika hal di atas semua telah Anda lakukan namun Anda tetap mengantuk, segera berhenti dan beristirahatlah.
Jangan paksakan tubuh Anda untuk tetap terjaga jika Anda telah lelah. Jangan lupa untuk berhenti dan beristirahat di rest area ataupun tempat aman lainnya, jangan tidur atau beristirahat di tempat berbahaya seperti di bahu jalan. 
 
Referensi 
 
https://oto.detik.com/tips-and-trick-mobil/d-3247626/-ngantuk--saat-menyetir-ikuti-tips-ini/4
 
https://makassar.merdeka.com/gaya-hidup/cegah-kantuk-saat-mengemudi-di-arus-mudik-ini-tipsnya-160704o.html
 
http://nasional.kontan.co.id/news/mengantuk-sumbang-kecelakaan-terbesar-saat-mudik/
 
http://news.okezone.com/read/2015/03/23/15/1123054/cara-alami-hilangkan-kantuk-saat-nyetir-mobil
 
Share artikel ini ke :
Copyright © 2011 Enesis Group. All rights reserved.  |  Terms of Use  |  Peta Situs