Home > Info Kesehatan
INFO KESEHATAN
Share artikel ini ke :
01 Juni 2017
Berolahraga Ketika Berpuasa
Banyak yang berpendapat bahwa kita tidak perlu melakukan olahraga ketika berpuasa. Padahal, puasa bukanlah halangan untuk melakukan kegiatan apapun, termasuk juga olahraga. Untuk berolahraga di bulan puasa, ada beberapa hal yang patut diperhatikan yaitu :
 
1. Pilihan Waktu Berolahraga 
Sebaiknya, pilihlah waktu berolahraga 2 jam hingga 30 menit menjelang waktu berbuka puasa. Hindari berolahraga setelah sahur atau setelah subuh karena tubuh Anda membutuhkan energi untuk seharian penuh. 
 
2. Jenis Olahraga
Walau puasa bukan halangan berolahraga, namun sebaiknya hindari olahraga berat yang menguras keringat. Pilihlah olahraga low impact seperti yoga, pilates, ataupun body balance. Sesuaikanlah jenis olahraga dengan kondisi tubuh Anda agar energi tidak cepat terkuras dan Anda menjadi lemas saat puasa. 
 
 
3. Pilihan Nutrisi Saat Sahur dan Berbuka 
Saat hendak berpuasa, ketika sahur sebaiknya jangan mengonsumsi makanan berlemak, makanan yang tinggi garam, maupun tinggi gula. Imbangi dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur agar tubuh Anda memiliki tenaga yang kuat dan tahan lama. Konsumsi madu atau kurma juga baik sebagai cadangan energi untuk tubuh. 
 
4. Minum Minuman yang Tepat Ketika Berbuka
Setelah berolahraga, cairan tubuh akan berkurang, karena itu ketika tiba saatnya berbuka, sebaiknya meminum air putih terlebih dahulu, kemudian bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi Coolant, minuman ion dan penyejuk. Kandungan ion pada Coolant mengandung mineral alami seperti natrium, kalium, dan magnesium yang berasal dari air pegunungan dan dapat menghilangkan rasa haus dengan cepat. Tak hanya itu, kandungan sari penyejuk, berupa ekstrak bengkoang dan bunga chrysantenum secara alami berfungsi untuk menghilangkan panas gerah dan tubuh sejuk kembali. 
 
Referensi :
 
http://lifestyle.kompas.com/read/2009/08/27/09103085/Berolahraga.Saat.Puasa
 
http://health.detik.com/read/2015/06/17/170103/2945162/775/kapan-waktu-olahraga-terbaik-saat-puasa-usai-sahur-atau-jelang-berbuka
 
http://health.detik.com/read/2013/07/10/111214/2297703/763/saat-puasa-kapan-waktu-yang-tepat-untuk-olahraga
 
https://www.vemale.com/kesehatan/24414-tips-tetap-bisa-olahraga-walau-saat-puasa.html
 
Share artikel ini ke :
Copyright © 2011 Enesis Group. All rights reserved.  |  Terms of Use  |  Peta Situs